Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita gambar

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Berita Foto

    Curug Malela, Mempesona

    Curug Malela, Mempesona

     

    Curug Malela sungguh mempesona. Dengan tinggi sekitar 50 meter dan dihiasi bebantuan jenis andesit yang menonjol dan rata, menjadikan air yang jatuh seperti bertahap-tahap. Air yang jernih dan dingin yang turun dari “Gunung Msigit” itu, terasa menyejukan bagi mereka yang berenang di sekitarnya. Konon, Curug Malela ini menjadi tempat bersemedi salah seorang leluhur Pasundan yang bernama “Prabu Taji Malela”. Ada satu hamparan bantu andesit yang rata dan salah satu tempatnya dijadikan “tempat semedi” yang menghadap “kiblat”. Karena, cerita itulah, hingga saat ini, tempat tersebut sering dikunjungi oleh orang tertentu untuk bersemedi.

    Curug Malela, berlokasi di Desa Cicadas Kecamatan Rongga Kabupaten Bandung Barat. Untuk menuju kawasan tersebut, khususnya dari Kota Bandung harus melewati daerah Kecamatan Batujajar, Kecamatan Cililin, Kecamatan Sindangkerta dan Kecamatan Gununghalu. Bila tiba di Kec. Gununghalu khususnya  sekitar pertigaan Bunijaya, berbelok ke kanan menuju Simpang Kec. Rongga yang berjarak 3 Km dengan kondisi jalan sempit dan rusak. Dari kantor Kec. Rongga (sebagai pos pertama) menuju pos kedua, yaitu di Kantor Desa Cicadas  ( sekitar 5 Km) dengan kondisi jalan berbatuan rusak berat.

    Kendaraan jenis SUV yang tidak menggunakan “handel”, maka kantor Ds. Cicadas adalah tempat pemberhentian. Dari kantor desa ini, kita gunakan “ojeg” untuk sampai ke pos terakhir. Dari Pos terakhir,  untuk menuju lokasi curug dilakukann dengan jalan kaki yang  berjarak sekitar 600 meter.

    Secara keseluruhan, jarak dari Kota Bandung untuk sampai di lokasi Curug Malela, sekitar 65 Km dan ditempuh dalam waktu sekitar 4 jam. Jauhnya Curug Malela dari Kota Bandung, akan terobati bila melihat dan merasakan  Indahnya Curug Malela.   

    Read more
    Musrenbang Provinsi Jawa Barat Tahun 2011

    Musrenbang Provinsi Jawa Barat Tahun 2011

    Gubernur Jabar membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan Provinsi Jawa Barat Tahun 2011 bertempat di Hotel Horison Bandung, Hari Rabu Tanggal 6 April 2011. Musrenbang kali ini mengusung tema "Mengintegrasikan Peran Investasi Dunia Usaha Dalam Menghela Pembangunan Sektoral Dan Kewilayahan Bersifat Monumental Untuk Mempercepat Terwujudnya Masyarakat Jawa Barat Yang Mandiri, Dinamis Dan Sejahtera". Turut hadir Wagub Jabar Dede Yusuf, Sekda Jabar Lex Laksamana, Kepala Bappeda Jabar Deny Juanda, Bappenas, Ketua Komite Ekonomi Nasional Chairul Tanjung, Para Pejabat Eselon Provinsi Jabar, Perwakilan Kabupaten/Kota se-Jabar, dan tamu undangan lainnya.

    Read more
    Observasi Lapangan Peserta Orientasi KPPD Angkatan I Tahun 2011

    Observasi Lapangan Peserta Orientasi KPPD Angkatan I Tahun 2011

    Sekretaris Daerah Prov. Jabar Lex Laksamana menyampaikan sambutan dan paparan Gubernur Jabar dalam Acara Observasi Lapangan Peserta Orientasi Kepemimpinan dan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (KPPD) bagi Bupati/Walikota Kementerian Dalam Negeri RI Angkatan I Tahun 2011 pada Hari Senin, 4 April 2011 bertempat di Ruang Papandayan Gedung Sate. Juga sambutan Kepala Pusat Diklat Manajemen dan Kepemimpinan Pemerintahan Daerah Drs. Sanyoto, M.AP dan penyerahan cinderamata.

    Read more
    Penanaman 10.000 Pohon di Kabupaten Subang

    Penanaman 10.000 Pohon di Kabupaten Subang

    Gubernur Jawa Barat dalam rangka kegiatan Penanaman 10.000 pohon di Kab Subang ruas jalan subang - Bantarwaru KM 175+353 SD 187+779, beserta anggota forum koordinasi pimpinan daerah Provinsi Jawa Barat pada tanggal 27 Maret 2011. Gubernur beserta ibu Netty, Kepala OPD Provinsi Jawa Barat dan peserta lainnya Touring dengan kendaraan roda dua dan start dari Gedung Pakuan menuju Kab Subang.

    Read more
    KPU Kota Bandung Gelar Workshop Implementasi BRIDGE

    KPU Kota Bandung Gelar Workshop Implementasi BRIDGE

    BANDUNG- Sekitar 40 peserta dari berbagai elemen masyarakat, mulai dari PNS, LSM, Ormas serta perwakilan media, mengikuti Workshop Implementasi BRIDGE (Building Resources in Democracy, Governance and Elections), yang diselenggarakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bandung, di Hotel Golden Flower, Jl Asia Afrika, No 17, Bandung, Senin (28/03).
    Ketua KPU Jawa Barat, Ferry Kurnia, mengatakan Workshop BRIDGE dalam rangka meningkatkan partisipasi masyarakat pemilih dalam Pemilu dan Pemilukada, yang biasa diterapkan pada pelatihan-pelatihan yang diselenggaakan oleh UNDP. “Metoda BRIDGE ini telah dilakukan di 40 negara, baik untuk pemilu maupun menentukan arah kebijakan pembangunan suatua negara atau daerah,” ujarnya. Ferry mengharapkan, metoda BRIDGE akan memberikan kemudahan dan pemahaman lebih cepat kepada masyarakat sebelum melakukan Pemilu atau Pemilukada. “Dengan metode ini orang akan lebih paham tentang proses pemilu, karena mereka berkomunikasi langsung secara interaktif dan tidak satu arah seperti biasanya,” ucap Ferry. (Parno)

    Read more

    Tidak ada polling untuk saat ini.

    banner_87.png banner_93.png banner_89.png banner_85.png banner_86.png banner_91.png banner_95.png banner_97.png banner_99.png banner_90.png banner_96.png