Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita video

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Galeri Video

    Go Green Kota Bandung

    Di Kota Bandung, lahan terbuka dan lahan hijaunya tinggal 1,5 persen dari luas kota yang mencapai lebih dari 16 ribu hektar. Penduduk Kota Bandung hampir 3 juta, itu berarti harus ada  1,5 juta pohon. Yang ada sekarang hanya 600 ribu pohon. Untuk memulihkan kembali hutan kota di Bandung, ada sejenis pohon yang bisa menjadi pertolongan pertama, yaitu kersen. Kersen punya sejumlah kelebihan, seperti bisa hidup di daerah comberan, mampu mengurangi bau comberan, dan tumbuh besar dalam satu tahun. 

     
    Idealnya, Sepuluh persen dari keseluruhan luas kota harus merupakan hutan kota. Inipun diatur dalam Undang-Undang No. 41/1999 tentang kehutanan. Sebaiknya saat ini bukan menitikberatkan upaya penghijauan dengan pembuatan taman-taman kota. Sangat esensial bagaimana membuat hutan kota di Bandung. Alasannya banyak, diantaranya cekungan Bandung adalah hulu dari Sungai Citarum. Bandung itu cekungan dan perlu sirkulasi udara yang lebih bagus. Hutan kota ini pepohonannya harus pohon keras. Jadi bukan bunga-bungaan saja, misalnya Ki Hujan yang banyak terdapat di Taman Pramuka. Angka sepuluh persen ini masih dimungkinkan untuk dipenuhi karena kita punya sempadan jalan, sempadan sungai, dan lahan terbuka lainnya.

    read more

    Bocah Jago IT Unjuk Kebolehan

    5 bocah jago bidang IT melakukan presentasi karya yang telah dibuat di Aula Timur ITB hari Jumat 11 Februari 2011. Kelima bocah tersebut yaitu Arrival Dwi Sentosa dan Taufik Aditya Utama (pembuat antivirus Artav), Fahma Waluya Rosmansyah dan Hania Pracika Rosmansyah (pembuat game edukasi di ponsel dan komputer) serta Muhammad Yahya Harlan (pembuat www.salingsapa.com).

    Acara dipandu oleh presenter TVOne Tina Talisa, ahli forensik digital Ruby Alamsyah, praktisi keamanan TI Budi Rahadjo, mantan Presiden Direktur IBM Indonesia Betty Alisjahbana, aktivis media sosial Enda Nasution, Rektor ITB Ahmaloka, Netty Heryawan, Roy Suryo, dan mahasiswa dan dosen ITB, serta siswa-siswi SMP dan SMA Bandung.

    read more

    Konsolidasi Ketenagakerjaan dan Ketransmigrasian Jawa Barat 2011

    Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Jawa Barat menyelenggarakan kegiatan Konsolidasi Ketenagakerjaan dan Ketransmigrasian Jawa Barat 2011, pada tanggal 9 Februari 2011, bertempat di Sasana Budaya Ganesha. Kegiatan ini mengusung tema "Menuju Tenaga Kerja dan Transmigran Jawa Barat yang Berkualitas".

    Dalam kegiatan tersebut dihadiri oleh Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Gubernur Jawa Barat, Wakil Gubernur Jawa Barat, Jajaran Muspida Jawa Barat, PJTKI, dan Calon Tenaga Kerja.  

    read more

    Car Free Day, Ajang Unjuk Kebolehan Anak Muda Berbakat

    Bandung, 23 Januari 2011 – Event Car Free Day yang diadakan rutin setiap hari minggu ini banyak mengundang atensi masyarakat, hal ini dapat dilihat dari banyaknya pengunjung yang membanjiri daerah sepanjang Ir. H. Djuanda hingga ke arah simpang BCA Dago. Berjalan menyusuri Jl. Ir. H. Djuanda Bandung pada pagi hari terasa menyejukkan. Ketika melewati pertigaan Rumah Sakit Borromeus terlihat sekelompok anak muda yang sedang melempar botol dan juga gelas layaknya seorang bartender. 

     
    Komunitas tersebut dikenal dengan nama “Enhaii Bartender Club (NBC)”. “Komunitas ini mulai terbentuk pada tahun 1998 namun kami baru mulai aktif sekitar tahun 2000-2002 sebagai angkatan pertama. NBC ini juga sudah beberapa kali mengikuti perlombaan setingkat nasional, dan meraih beberapa penghargaan. Berangkat dari kemenangan tersebut, maka mahasiswa Enhaii yang berasal dari jurusan F&B (Food and Beverages) ini mempelajari lebih dalam tentang bartender.” ujar Salis, salah seorang anggota komunitas yang sedang ada di lokasi.
     
    Akhirnya mahasiswa senior Enhaaii memutuskan untuk membuat sebuah klub bartender. Yang saat itu hanya beranggotakan kurang dari 10 orang mendirikan Enhaii Bartender Club yang dinaungi oleh para dosen. Namun saat ini Klub ini sudah menjadi salah satu dari UKM Enhaii yang kini telah beranggotakan hingga 20 orang.
     
    Klub ini sudah mengikuti beberapa kompetisi “Flair bartender”. Baru-baru ini, Panji dari NBC meraih juara pertama di kompetisi yang diadakan di Jakarta. 
     
    Walaupun Klub ini masih terbilang baru, tetapi dengan pengalaman yang telah didapatkan dari berbagai kompetisi yang diikuti, Klub ini patut diperhitungkan dengan harapan dapat menambah SDM dalam bidang perhotelan Indonesia. Alumnus dari Klub ini sekarang sudah banyak yang bekerja di berbagai tempat seperti di kapal-kapal pesiar yang berlayar hingga ke Amerika Serikat.
     
    Tidak jauh dari lokasi NBC berunjuk kebolehan, terlihat sekumpulan orang yang menarik perhatian dengan lompatan yang tinggi. Sekumpulan orang tersebut menggunakan sepasang alat yang berfungsi sebagai sepatu yang memiliki pegas untuk daya lompat tinggi.
     
    Alat yang mereka gunakan untuk melompat disebut jumping steel. Pada awalnya, jumping steel ini digunakan sebagai alat jogging, seiring dengan perkembangan jaman, alat ini telah mengalami modifikasi dalam penggunaannya. SkyRunner merupakan merk jumping steel yang paling sering digunakan di Indonesia. Alat tersebut dijual dengan kisaran harga Rp 1.500.000 untuk dewasa, dan Rp 700.000 untuk anak-anak. Penjualan SkyRunner di Bandung, beralamat di Dago 312, atau via online yang dapat diakses dari situs www.kaskus.us.
     
    Mereka memperkenalkan diri sebagai SkyJumper Indonesia. Komunitas ini telah ada di Indonesia sejak setahun yang lalu dan terbagi dalam beberapa kota. Untuk kota Bandung sendiri, komunitas ini baru terbentuk pada bulan September 2010 yang diprakarsai oleh Aira Arieanto. SkyJumper Indonesia kota Bandung beranggotakan 14 orang, dengan 6 orang anak kecil dibawah 12 tahun.
     
    Karena umurnya yang masih baru dan peminat yang masih terbilang sedikit, belum pernah ada kompetisi jumping steel yang diselenggarakan di Indonesia. Namun SkyJumper Indonesia kota Bandung pernah unjuk kebolehannya di acara stasiun televisi swasta seperti Dahsyat di RCTI. 
     
    Masih banyak komunitas unik lain yang mewarnai event Car Free Day di setiap minggunya. Maka dari itu, dalam rangka menghijaukan kota Bandung, mari kita semarakkan event mingguan di kota Bandung ini. (martayu)

     

    read more

    CSR Gathering Jawa Barat

    Acara Peluncuran Program CSR Jawa Barat pada Malam CSR Gathering Jawa Barat di Krakatau Room Hotel Horison Jln. Pelajar Pejuang Bandung, Jumat, (14/1) malam. Pada Malam CSR Gathering Jawa Barat bertajuk “Jabar Maju Bersama Mitra” hadir 54 perusahaan yang siap mendukung program pembangunan yang dijalankan bersama Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

    Gubernur memberikan penghargaan kepada 14 perusahaan yang aktif memberikan dukungan pembangunan melalui Program CSR di Jawa Barat. Gubernur didampingi Ketua DPRD Provinsi Jawa Barat Irfan Suryanegara menyaksikan penandatanganan Deklarasi “Jabar Maju Bersama Mitra” yang ditandatangani para perwakilan perusahaan. Gubernur juga menyematkan Pin Duta CSR Jabar kepada Pemimpin Umum Pikiran Rakyat, H. Syafik Umar, Managing Director Putra Sampurna Foundation, Neni Soemawinata dan mantan Mojang 2004 yang juga jurnalis TV One, Tina Talisa.

    read more