Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Akses Jalur Pawarengan, Diperlebar

    http://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_10009.jpg

    KARAWANG-Pemerintah Kabupaten Karawang melalui Dinas Bina Marga dan Pengairan pada tahun depan 2015 akan menganggarkan untuk perbaikan infrastruktur jalan dan jembatan daerah Cikampek menuju Lemahabang. Sebelum program itu dimulai dan RAB dibuat, Wakil Bupati dr Cellica, Ketua DPRD H. Toto Suripto bersama Kadis Bina Marga Acep Jamhuri dan jajaran Pemkab lainnya termasuk Kadis Perindag karena lakukan  monitoring, pada Selasa (28/10).

    Wabub tinjau langsung rencana tersebut, walaupun panas terik matahari sangat menyengat.

    Wakil Bupati dr Cellica berpendapat ”ini merupakan program unggulan di tahun 2015 dan akan di anggarkan di APBD Murni Tahun 2015. Mengenai jembatan diatas kali kalen kapal akan di buat lebar dan kali kalen Kapal dan kali cikaranggelam ini akan dilakukan normalisasi karena keadaan saat ini tercemar limbah. Saya minta jajaran BPLH Kab Karawang untuk menegur pelaku pencemar limbah ini sehingga merugikan petani yang ada di daerah ini. Perusahaan  PT ASIATEK produksi Keramik salah satunya akan kami tegur, karena disinyalir mengeluarkan limbah.

    Tujuan Pemkab Karawang melakukan proyek ini untuk mengembangkan akses pusat kegiatan pada daerah Cikampek sebelah Utara hingga Kecamatan Lemahabang, dan ini juga jalan strategis penghubung 4 kecamatan yakni Kecamatan Cikampek, Kec Tirtamulya Kec Purwasari dan Kec Lemahabang.

    Atas dasar itu saya mendorong pihak Dinas Bina Marga agar lakukan proyek ini mulai awal tahun 2015, demikian Cellica.

    Sementara itu dari pihak Dinas mengatakan, “perencanaan programnya direncanakan akan melaksanakan proyek pelebaran jalan akses jalur dari titik kampung pawarengan desa Dawuan Timur, Under Pass pawarengan semula ada 1 akan dibuat 2 agar bisa 2 jalur kemudian untuk lebar jalan yang rata rata awal mula hanya 5 meter akan diperlebar hingga 10-15 m. Akses jalan itu melalui desa Karangsinom Kec Tirtamulya dan Desa Karang Sari Kec Purwasari sampai kepada titik desa Karang Tanjung Kec Lemahabang. Di tengah proyek jalur pelebaran ini terdapat jembatan tegal koneng yang melalui kali cikarang gelam. Jembatan tersebut juga akan di buat menjadi 2 jalur mobil. Untuk pengairannya sendiri kali ini akan dilakukan normalisasi karena fungsi air ini tidak bisa berfungsi untuk pengairan sawah sekitar daerah tersebut.

    Pada RAB, prediksi akan menghabiskan dalam hitungan kasar minimal 50 Milyar”, demikian  Kadis Dinas Bina Marga dan Pengairan Acep.

     

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus