Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Kasus Kematian Ibu dan Anak Baru Lahir Menurun

    http://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_10079.jpg

    BANDUNG- Jumlah angka kematian ibu dan bayi baru lahir saat ini terus mengalami penurunan dari tahun ketahun, seiring dengan terus meningkatnya pemahaman dan kesadaran masyarakat terhadap perlunya menjaga kesehatan. Demikian dikemukakan  Kepala Bidang Kesehatan, Dinas Kesehatan Jawa Barat, Endang Nursita.

    “Kalau di Jabar sendiri angka kematian ibu dan bayi baru lahir dari tahun ke tahun mengalami penurunan, tahun 2011 ada sekitar 850 kasus, tahun 2012 sekitar 804 kemudian tahun 2013 turun sekitar 781 kasus,” ujarnya.

    Menurut Endang, penurunan kasus kematian ibu dan anak baru lahir diakibatkan dari masyarakat sudah mulai melakukan kontak pertama kepada petugas kesehatan saat mengalami gangguan kesehatan.

    “Beberapa kegiatan sudah dilakukan antara lain masyarakat sudah mulai kunjungan kontak pertama kepada petugas kesehatan yang di sebut kontak pertama K1, itu sudah mencapai 97% untuk tahun 2013 dan persalinan oleh tenaga kesehatan sudah 88%,” ucapnya.

    Endang mengharapkan, kondisi ini bisa terus berjalan dimasyarakat sehingga kualitas kesehatan dan kesejahteraan mereka juga mengalami peningkatan.

    “Dengan penanganan kelahiran yang baik oleh petugas tenaga kesehatan, tentunya anak dan ibu akan sehat yang tentunya akan menunjang kualitas kesehatan,” kata Endang, dalam acara pertemuan koordinasi Program EMAS, Kamis (07/11), kemarin.

     

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus