Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Pahlawanku Idolaku

    http://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_10097.jpg

    INDRAMAYU-Pesan pahlawan nasional Prof. Moh. Yamin, SH tersebut dibacakan dihadapan peserta upacara yang mengikuti upacara peringatan Hari Pahlawan 10 Nopember 2014 yang berlangsung di Alun-Alun Indramayu, Senin (10/11/2014).

    Kutipan yang disampaikan Moh Yamin itu nampaknya harus dipegang teguh oleh generasi muda Indonesia saat ini. Ditengah keterpurukan Bangsa Indonesia, maka seluruh rakyat Indonesia harus bangkit dan wajib memperbaikinya.

    Bupati Indramayu Hj. Anna Sophanah yang membacakan amanat Menteri Sosial RI mengatakan, perjuangan untuk merebut kemerdekaan  dan mendirikan NKRI membutuhkan ikatan persatuan dan kesatuan yang kuat. Komitmen para pejuang, pendiri bangsa dan para pahlawan untuk mempersatukan bangsa ini melahirkan sikap kepahlawanan, kesetiakawanan sosial serta menguatkan memori kolektif bangsa saat itu supaya berani bertindak nyata untuk melawan penjajahan dan ketertindasan akibat kolonialisme dan imperialisme.

    “Sikap Kepahlawanan merupakan sebuah perwujudan tindakan dan pengorbanan yang penuh militansi. Sikap Kesetiakawanan Sosial adalah perwujudan dari kepekaan sosial atau batin. Kita harus memaknai semua itu bukan hanya sekedar ungkapan saja, tetapi harus dijadikan sebagai kekuatan moral yang dapat diterapkan di semua aspek kehidupan berbangsa dan bernegara untuk Indonesia pada masa kini dan mendatang,” tegas bupati.

    Usia kemerdekaan Indonesia saat ini telah menginjak 69 tahun. Peringatan Hari Pahlawan tahun 2014 ini mengambil tema besar Pahlawanku Idolaku. Tema tersebut dipilih dimaksudkan untuk menggugah semangat kepahlawanan sebagai ukuran nilai, baik sebagai “panutan” maupun figur idola pencarian jati diri.

    Untuk itu tema Pahlawanku Idolaku diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi generasi penerus, bahwa semangat juang dan semangat kebangsaan para pahlawan akan selalu terpatri di “dada” setiap insan Indonesia dan menjadi kebanggaan atau idola sepanjang masa.

    Sebelumnya, pada akhir pekan kemarin dilakukan ziarah nasional di taman makam pahlawan Darma Ayu yang diikuti oleh Bupati Indramayu, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, TNI/Polri, PNS, pelajar, dan lainnya. 

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus