Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Agar Terus Terawat, Angklung Dibudayakan Lewat Pendidikan

    http://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_10142.jpg

    BANDUNG-Kita perlu mewariskan Angklung supaya terus terawat dengan baik, sebab anugerah Unesco ini mensyaratkan Angklung terus hidup dan kalau tidak dihidupkan, tidak diwariskan, tidak dibudayakan dan dilestarikan, khawatir nanti malah dicabut”, tutur Gubernur kepada Wartawan, usai ikuti Pertunjukkan Angklung Bersama, Minggu (16/11), di Halaman Gedung Sate Bandung.

    Jawa Barat pun sebagai daerah asal dari alat musik yang terbuat dari bambu ini terus berupaya dalam melestarikan Angklung. Salah satu langkah yang akan ditempuh yaitu melalui jalur pendidikan. Gubernur mengatakan pihaknya akan segera membuat perturan dimana masing-masing sekolah paling tidak memiliki satu tim angklung. Hal tersebut merupakan cara efektif dalam melestarikan Angklung, jelas Gubernur.

    Selain itu, pagelaran Angklung serta kunjungan ke luar Jawa Barat bahkan luar negeri juga akan rutin dilaksanakan. Jabar pun tiap tahun telah menyebar peralatan Angklung ke seluruh Kedutaan Besar Indonesia di seluruh dunia.

    Angklung telah ditetapkan oleh Unesco sebagai “Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity” atau “Karya Agung Warisan Budaya Lisan dan Nonbendawi Manusia” pada tanggal 16 November 2010. Mulai saat itu, setiap tanggal 16 November selalu dirayakan sebagai Hari Angklung (Angklung Day).

     

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus