Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Peran Humas Strategis, Komunikasikan Kebijakan Pemerintah

    http://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_10215.jpg

    BANDUNG-Petugas humas harus memiliki beberapa keakhlian karena dirinya akan menjalankan komunikasinya dengan pihak lain, sehingga pihak lain itu dapat mengerti dan memahami dari informasi yang dikomunikasikan humas itu sendiri.  Untuk itu, petugas humas harus mampu mengemas pesan secara informatif dan mudah dicerna, baik oleh pimpinan maupun masyarakat. Bakohumas harus terus menginformasikan kebijakan pemerintah. Mengolah dan menyebarkan informasi yang dapat mengubah kondisi masyarakat.

    Kemudian, untuk kondisi sekarang ini, Bakohumas memiliki tugas strategis yaitu membangun  komunikasi diantara sesama anggota humas baik dipusat maupun  daerah. Membangun komunikasi yang baik antara pusat, provinsi dan daerah. Hal ini kian penting mengingat kebijakan-kebijakan Pemerintah itu harus sampai ke tangan masyarakat, dimana humas Pemerintah berperan didalamnya.

    Hal-hal demikian itu dikemukakan Menkominfi Rudiantara, seusai membuka Pertemuan Bakohumas Tahunan Tingkat Nasional tahun 2014, di Hotel Haris, Jl. Pasirkoja Bandung, Selasa (25/11).

    Menurut Menkominfo, Rudiantara, para anggota bakohumas dan petugas kehumasan harus memiliki kemampuan menulis termasuk didalamnya menulis di dunia maya. Untuk itu, para petugas humas harus terus dilatih menulis dan menambah wawasannya, salah satunya sering  mengakses internet.

    Menteri Kominfo berharap, agar untuk kedepannya, bahwa yang mengevaluasi para anggota Bakohumas itu jangan dari lingkungan kehumasan itu sendiri, tetapi dievaluasi oleh pihak luar misalnya oleh rekan-rekan media. 

    Oleh karena itu, kedepan saya akan meminta tolong pihak pers untuk bisa mengeevaluasi kinerja Bakohumas. Sebab, selama ini Bakohumas hanya mengevaluasi dirinya sendiri. "Mestinya juga ada evaluasi dari pihak luar, misaknya oleh pers itu sendiri, jelas Rudiantara.

    Menkominfo Rudiantara mengapresiasi dan menyampaikan penghargaan atas peran Bakohumas selama ini, termasuk dalam penyelenggaraan pertemuan tahunan ini. Kedepan, peran humas akan lebih strategis lagi terutama dalam menyebarluaskan informasi tentang berbagai kebijakan Pemerintah. 

    Usai acara resmi pembukaan, Menkominfo Rudiantara, Gubernur Jabar dan pejabat Kominfo lainnya, tinjau stand-stand pemeran yang secara khusus menyajikan peran dan fungsi kehumas di tiap lembaga kementrian, lemabaga kehumasa daerah dan kehumasan swasta.

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus