Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Aher Silaturahmi Spontan dengan Takmir Masjid Agung Surakarta

    http://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_10248.jpg

    SOLO-Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan bersilaturahim dengan jajaran Takmir Masjid Agung Surakarta, Solo, Jawa Tengah, Jumat (28/11/2014). Pertemuan spontan ini terjadi saat Aher usai menunaikan salat Jumat di masjid bersejarah ini.

    Gubernur Jabar mampir di masjid yang dibangun 251 tahun lalu itu dalam perjalanan menuju Kabupaten Wonogiri, Jateng. Aher akan menerima penghargaan dari Presiden Joko Widodo pada acara Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) dan Bulan Menanam Pohon Nasional (BMN) 2014 di Desa Tempursari, Kecamatan Sidoharjo, pada Sabtu besok (29/11/2014).

    Silaturahim mendadak terjadi ketika pengurus Masjid Agung Surakarta mengenali Gubernur Aher. Salah seorang di antaranya Ketua Takmir Masjir Agung Sidoharjo  Slamet Aby. "Eh, Pak Aher. Mau kemana?" sapanya kepada Aher saat hendak meninggalkan masjid yang dibangun Sunan Pakubuwono III pada 1763.

    Terlibat obrolan ringan, Pengurus Pondok Pesantren Tahfidz wa Ta'limil Qur'an KH Muhtarom Al Hafidz pun menemui Gubernur Jabar di ruang utama Masjid Ageng Karaton Surakarta Hadiningrat --nama lain masjid besar Surakarta ini.

    "Mampir dulu ke sekretariat takmir sebelum melanjutkan perjalanan, Pak Aher," kata Slamet, seraya menunjuk sekretariat masjid yang terletak di pojok halaman. Permintaan ini diperkuat KH Muhtarom, yang juga kiai Kraton Solo. Aher spontan memenuhi permintaan jajaran takmir.

    Di sekretariat, Gubernur diterima pengurus Masjid Agung Surakarta lainnya. Dalam silaturahim sekitar setengah jam, Aher bertanya mengenai sejarah masjid jami dimaksud. "Luar biasa, masjid yang berusia 200-an tahun ini masih berdiri kokoh," tutur Aher.

    Pada kesempatan yang sama, Aher menceritakan rencananya membangun Masjid Agung Jawa Barat yang didesain kokoh agar juga dapat monumental, seperti yang dibangun para ulama besar penyebar Islam di Nusantara.

    "Jawa Barat juga ingin memiliki masjid yang dapat berusia 100 hingga 200 ke depan, bahkan lebih. ///InsyaAllah///, pembangunannya mulai akhir 2015," ungkap Gubernur.

    Dipaparkan, Masjid Agung Jawa Barat akan dibangun di sisi danau buatan. Di sekelilingnya dibangun pusat-pusat pelatihan dan pendidikan. Selain itu juga terdapat hotel dan sarana perekonomian, seperti pasar dan pusat perbelanjaan.

    "Masjid Jabar dibangun dekat Stadion Bandung Lautan Api, Gedebage, Kota Bandung. Untuk bangunannya saja diperkirakan membutuhkan sekitar Rp500 miliar," ujar Aher lagi, dan menambahkan, "Kita akan mengundang seluruh pengurus masjid agung se-Indonesia saat peremiannya nanti."

    Usai selaturahim, Slamet Aby memberikan kenang-kenangan buku sejarah Masjid Agung Surakarta kepada Gubernur Jabar.***

     

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus