Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Sosialisasi & Evakuasi Warga, Antisipasi Bencana Longsor di Jabar

    http://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_10322.jpg

    KAB. GARUT - Pemerintah Provinsi Jawa Barat akan terus melakukan sosialisasi dan mengevakuasi warga yang ada di kawasan rawan longsor. Hal ini dilakukan sebagai antisipasi pemerintah dari bencana longsor dalam musim penghujan ini.

    Dalam kunjungan kerja ke beberapa tempat wisata di Jabar Selatan, sekaligus memantau kondisi jalan menuju Pantai Rancabuaya, Kecamatan Caringin, Kabupaten Garut, Minggu (7/12) Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan mengatakan dalam musim penghujan ini Pemprov Jabar akan mengevakuasi dan menyelamatkan warga, baik yang memiliki rumah ataupun fasilitas bangunan seperti sekolah yang berada di kawasan rawan longsor.

    Selain itu, antisipasi lainnya yaitu sosialisasi kepada masyarakat agar tidak menempati ataupun membangun rumah di kawasan yang dinilai rawan dari bencana longsor.

    “Personil pemerintah dari kecamatan ataupun desa juga tahu bahwa kawasan-kawasan yang kemiringan tanahnya tajam jangan ada bangunan di bawahnya karena berbahaya. Itu pasti, perasaan seseorang juga pasti ketika kita sering merasa ada tebing lalu ada bangunan dibawahnya-tidak perlu ahli geologi, perasaan kita juga sudah khawatir, kumaha lamun tebing rugrug kumaha urang yeuh (kalau tebingnya longsor apa jadinya kita). Hal seperti itu harus terus disadarkan kepada masyarakat”, ungkap Aher kepada wartawan usai kunker.

    Gubernur menambahkan perlu juga adanya pemahaman tentang alam, dimana keakraban dan keharmonisan masyarakat terhadap alam yang dinilainya masih rendah.

    Untuk itu, diperlukan peran serta semua lapisan pemeritah termasuk aparat TNI-Polri agar dapat memberikan pemahaman kepada masyarakat, akan adanya bahaya bencana alam. Agar setiap terjadi bencana alam tidak menimbulkan korban jiwa serta merugikan berbagai pihak. Gubernur mengatakan pada musim penghujan kali ini untuk bencana longsor yang terjadi di Jawa Barat termasuk yang terjadi di Garut tidak menimbulkan korban jiwa.

    Dalam menghadapi bencana alam, Pemprov Jawa Barat pun selalu siap baik dari sisi logistik, seperti: beras dan lauk pauknya ataupun anggarannya. Anggaran yang digelontokan Jabar untuk bencana alam mencapai Rp 50-70 Milyar per tahunnya.

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus