Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Jabar Akan Kaji Pembentukan Kawasan Situs Gunung Padang

    http://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_10361.jpg

    BANDUNG -- Berdasarkan keputusan menteri ditetapkan situs Gunung Padang seluas 29,1 hektar sebagai situs nasional. 

    Akan tetapi berdasarkan update temuan tim nasional gunung padang, terdapat beberapa situs baru dalam radius 2 – 5 Km. Karenanya usai rapat Gunung Padang di Ruang Papandayan, Wakil Gubernur Jawa Barat, Deddy Mizwar mengatakan dengan adanya data terbaru teresebut pemerintah pusat, provinsi dan kabupaten mesti serta pihak lain mesti duduk bersama guna membahas pembuatan kawasan terpadu Gunung Padang.  

    “Ternyata disitu bukan hanya situs gunung padang saja. Tetapi disekeliling itu berbagai situs-situs yang ada. nah inikan informasi baru buat kita. Jadi bagaimana hubungan situs-situs gunung padang dan sekelilingnya dan bagaimana nanti pengembangannya nah ini dari pemerintah pusat, provinsi maupun kabupaten mesti duduk sama-sama. Karena engga mungkil lagi membangun rumah di zona-zona tadi., tetapi apakah seluruh zona dibebaskan, atau disitus-situs tertentu,” tutur Deddy.

    Selanjutnya untuk pengembangan kawasan tersebut akan mengacu pada grand design setelah dilakukan penelitian lebih lanjut oleh tim nasional gunung padang. “Ya nanti sesuai dengan grand design yang dibuat oleh pa ali akbar. Beberapa situs juga yang harus dilindungi. Ada beberpa itu persolannya, bukan hanya gunung padang yang 29 hektar saja. Ada beberapa tempat disekitar sini yang perlu dikelola dan dikembangkan. Nag bagaimana masyarkat disekitarnya. Apa mesti dibebaskan semua, nah nanti kita bahas. Ataukah disitus-situs tertentu saja yang harus dilindungi,” papar Deddy.

    Sedang menurut ketua Arkeolog Tim Nasional Ali Akbar, temuan baru tersebut paling intesif berada sejauh 2 Km dari pusat situ gunung Padang. “berdasarkan penelian kami, ternyata situs gunung padang itu dikeliling oleh situs-situs lain. Kita sudah survei dalam radiu 2 KM itu yang cukul intensif. Tapi yang selektifnya itu dalam radius 5 Km dari gunung padang,” tutur Ali

     Menurut Ali beberapa termuan tersebut diantaranya adalah batu Monolit disebelah barat, tepatnya di tengah bukit karuhuhn. Kemudian disebelah selatan tepatnya di Ciukir ditemukan punden berundak berupa tiga teras serta batuan columnar joint. Kemudian ada pasir keramat yang juga terdapat batuan seperti di gunung padang tetapi tersusun seperti makam.

    Dalam Rapat tersebut selain Ali Akbar terdapat beberapa pembicara yaitu anggota Tim Nasional Gunung Padang, Danny Hilman Natawidjaja, kemudian  Suhardja W, yang menggagas Astro-Wisata Gunung Padang. 

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus