Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    PLN Sedang Bangun PLTA Terbesar Se Asia Tenggara

    http://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_10449.jpg

    KBB – (22/12) PT PLN Persero kini tengah membangun Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) yang diproyeksikan menjadi PLTA terbesar se-Asia Tenggara.

    PLTA yang akan mulai dibangun tahun 2015 itu berlokasi di Cisokan Kecamatan Cipongkor Kabupaten Bandung Barat, dan berbatasan dengan Kabupaten Cianjur.
     
    Menurut Manajer PT PLN (Persero) Unit Pelaksana Konstruksi Pembangkit Hidro I Weddy B Sudirman, PLTA itu diharapkan bisa mulai beroperasi 2019 mendatang.

    “Jika tidak ada kendala yang berarti, mudah-mudahan kita targetkan 2019 mendatang sudah bisa beroperasi dan masuk ke sistem kelistrikan interkoneksi Jawa-Bali” katanya.

    PLTA Cisokan adalah PLTA pertama di Indonesia yang menggunakan sistem Pump Hydro, dan akan memiliki dua bendungan yaitu bendungan atas dan bendungan bawah, dengan power house atau ruang turbin pembangkit berada di dalam tanah.

    “PLTA Cisokan ini dibangun untuk menambah pasokan di beban puncak yaitu antara jam 17 sampai 22, nah ketika di luar beban puncak, turbin pembangkit itu akan berfungsi ganda menjadi pompa air juga, memompa air dari bendungan bawah ke bendungan atas” katanya.

    Menurut Weddy, PLTA Cisokan akan menyelamatkan krisis listrik 2019, yang diprediksi beban listrik akan semakin bertambah, sementara pasokan masih kurang. PLTA Cisokan ini berkapasitas lebih dari 1000 MA.

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus