Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Industri Kreatifl Olahan Susu Sapi

    http://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_10555.jpg

    CIMAHI-Para peternak sapi perah di RW 12, 19 dan 21 Kelurahan Cipageran, Kecamatan Cimahi Utara, Kota Cimahi mengembangkan industry kreatif olahan susu sapi. Pengembangan usaha budidaya sapi perah dengan usaha hasil olahan susu sapi tersebut, dibawah pembinaan Pemerintah Kota Cimahi.

    “Para peternak sapi Cipageran bukan hanya dapat menjual susu sapi perahnya, tetapi juga menjual hasil olahan susu sapi, seperti youghurt, sabun susu, kerupuk susu, karamel susu dan tahu susu,” kata Sekretaris Lurah Cipageran, Sularno, S.ST, MPS,SP di Kantor Lurah Cipageran, Kecamatan Cimahi Utara, Kota Cimahi kepada jabarprov.go.id, Senin (12/1).

    Menurut Sularno,  pengembangan usaha hasil olahan susu sapi yang ditekuni oleh masyarakat di tiga RW di Kelurahan Cipageran sangat prospektif dan sejalan dengan misi Pemerintah Kota Cimahi, yang menitikberatkan pada peningkatan pengembangan industry kreatif. Salah satunya, industry kreatif para peternak sapi perah di tiga RW di Kelurahan Cipageran

    Sularno menjelaskan, Kelurahan Cipageran memiliki luas wilayah 597 hektar, berpenduduk lebih dari 40.000 jiwa atau lebih dari 10.000 kepala keluarga, tersebar di 29 RW dan 148 RT. Lahan di Kelurahan Cipageran 60 persen diantaranya adalah lahan pertanian.

    “Di Kelurahan Cipageran sebenarnya masih banyak lahan kosong, akan tetapi tidak bisa dibangun menjadi hotel atau bangunan yang spektakuler, karena wilayah Cipageran termasuk wilayah Kawasan Bandung Utara. Oleh karena itu, dengan adanya industry-industri kreatif itu sangat menunjang secara ekonomi masyarakat Cipageran ke depan,” katanya.

    Selain ada pengembangan usaha kreatif, di Kelurahan Cipageran juga menurut Sularno, ada potensi untuk pengembangan di bidang pariwisata. Di salah satu kawasan di Kelurahan Cipageran, yaitu di RW 12 bisa dikembangkan Kampung Wisata. Di RW 12 sudah ada event rutin yang digelar seminggu sekali untuk tingkat lokal Kota Cimahi dan sebulan sekali untuk tingkat regional Jawa Barat, yaitu Ketangkasan Domba. (enal)

     

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus