Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Ratusan Berkas Lalin Berhasil Disidang di PN

    http://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_10708.jpg

    BANDUNG. Sekira 888 berkas perkara lalu lintas (lalin) dikirim dari Kepolisian Daerah Jawabarat. (POLDA JABAR) YANG diperoleh dari   hasil Operasi sebanyak 179 kali . PN Bandung, akhirnya menggelar sidang tilang.
     
    Dari jumlah kasus tersebut, kata Petugas Tilang PN Bandung, Rahmat  dalam keterangannya kepada jabarprov.go.id, pecan lalu mengatakan tidak semuanya disidangkan,tetapi Pelanggar ditilang diberi kertas warna biru 60 berkas , langsung membayar denda  Ke Bank Rakyat Indonesi (BRI).

    Bagi yang mempunyai bukti pelanggaran  (tilang)  kertas warna merah mengambilnya di Pengadilan Negeri (PN) Bandung, melalui sidang.
    Namun pada saat sidang digelarpun, para pelanggar belum seluruhnya hadir, ketika hakim memanggil untuk disidang  pelanggar belum hadir, hakimpun memutus tanpa dihadiri pelanggar, saat bersangkutan datang, tinggal membayarnya dibagian pidana, membayar denda sesuai  yang tertera dalam berkas.

    Bagi Pelanggar yang hadir saat dihadapan hakim, bisa mengajukan keberatan, apabila denda terlalu berbeda, sebaliknya bila tidak hadir maka hakim memutus tanpa ada keberatan dari pelanggar.    

    Pelanggar lalin pada umumnya  baik roda dua maupun roda empat. Mereka terancam sanksi/hukuman dalam  UU  angkutan Jalan Raya Pasal 281 tidak punya SIM, 288 SIM habis atu tidak berlaku, 287 melanggar rambu-rambu lalin,

    Para pelanggar pada umumnya dikenakan denda Rp.50 hingga 60 . Bagi pelanggar yang menghadiri sidang, ujar Nandang hakim menyatakan sangsi denda, saat itu bayar, barang bukti langsung dikembalikan, apabila pelanggar tidak hadir, maka bayar denda melalui petugas tilang yang telah ditunjuk. (SN)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus