Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Pembeli dan Pemelihara Primata Sebabkan Kepunahan

    http://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_10830.jpg

    BANDUNG (3/2) - Di seluruh dunia terdapat lebih dari 440 jenis primata, dan lebih dari 40 di antaranya hidup di Indonesia. 

    Tetapi, menurut lembaga konservasi internasional IUCN, 70% jenis primata Indonesia terancam punah akibat kerusakan habitat (hutan) dan perdagangan ilegal. IUCN juga secara berkala menerbitkan daftar 25 jenis primata yang paling terancam punah di dunia. Pada periode 2012-2014, terdapat 3 jenis primata Indonesia yang masuk dalam daftar tersebut yaitu Tarsius Kerdil (Tarsius pumilus), Kukang Jawa (Nycticebus javanicus), dan Simakobu (Simias concolor). 

    Yang memprihatinkan, semakin hari semakin banyak saja orang yang membeli dan memelihara primata dengan dalih ingin melestarikan dan merawat. “Sayangnya, mereka tidak sadar bahwa semakin banyak orang yang membeli, maka pedagang akan semakin banyak memesan ke pengepul. Para pengepul kemudian akan berusaha mendapat pasokan primata dari para pemburu yang menangkap primata dari alam. Jadi harus kita ingat, setiap pembeli dan pemelihara primata telah turut berkontribusi dalam kepunahan primata” ujar Swasti Prawidya Mukti, Campaign Officer PROFAUNA Indonesia dalam release-nya.

    Sepanjang tahun 2014, terdapat setidaknya 35 kasus kejahatan satwa liar yang melibatkan setidaknya 400 ekor primata (perdagangan, kepemilikan, dan perburuan), yang diungkap oleh aparat kepolisian dan dimuat di media massa. Jumlah kasus yang tidak terungkap tentunya lebih banyak.

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus