Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Diskanlaut Jabar Gelar Kegiatan Gemarikan

    http://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_10954.jpg

    BANDUNG-Dinas Perikanan dan Kelautan (Diskanlaut) Provinsi Jawa Barat kembali menggelar Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) dalam tahun 2015.

    Hal itu dilakukan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya protein hewani dari sumber ikan bagi kesehatan, kekuatan dan kecerdasan.

    “Gemarikan adalah salah satu kegiatan unggulan dalam program peningkatan katahanan pangan Diskanlaut Jabar,” kata Kasubid Bidang Kepegawaian dan Umum Diskanlaur Provinsi Jawa Barat, Ir. Wardhini.M kepada jabarprov.go.id, Selasa (10/2).

    Kegiatan dengan sasaran ibu-ibu PKK dan ibu-ibu Dharma Wanita Persatuan, anak-anak, petani pembudidaya dan seluruh stakeholders yang ada di Jawa Barat itu, menurut Dhini,  bertujuan meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya mengkonsumsi ikan ditinjau dari manfaat ikan yang penting bagi kesehatan, kekuatan dan kecerdasan. 

    Memperkenalkan keanekaragaman masakan berbahan baku ikan serta produk-produk olahan ikan  kepada Ibu-ibu agar supaya dalam menghidangkan makanan sehari-hari akan lebih banyak dari bahan ikan.

    Selain itu, untuk meningkatkan  permintaan produk perikanan yang berdampak pada peningkatan produk perikanan serta usaha/bisnis perikanan dalam negeri, meningkatkan peluang pasar produk ikan dalam negeri bagi kesejahteraan masyarakat khususnya masyarakat nelayan, pembudidaya dan pengolah hasil perikanan serta meningkatkaan kesadaran dan partisipasi masyarakat dalam upaya perbaikan gizi keluarga, produksi perikanan, pendapatan masyarakat dan kesejahteraan keluarga.

    “Pencapaian tingkat konsumsi ikan perkapita di Jawa Barat pada tahun 2012 diperkirakan sebesar 28,41 kg/kap/th atau melebihi target yang ditetapkan yaitu 28,39%.   Tetapi tingkat konsumsi ikan di Jawa Barat pada tahun 2012 belum dapat mencapai target nasional sebesar 33,14 kg/kp/th sehingga terus dilakukan upaya-upaya untuk meningkatkan konsumsi ikan masyarakat melalui peningkatan pengetahuan mengenai manfaat gizi ikan dalam upaya mendukung pencapaian Visi Jawa Barat yaitu “ Masyarakat Yang Mandiri, Dinamis dan Sejahtera” karena  mengkonsumsi ikan menjadikan tubuh lebih sehat, kuat dan cerdas,” tutur Dhini. (enal)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus