Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Kamus Utama, Kamus Bahasa Sunda Terlengkap

    http://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_11157.jpg

    BANDUNG–Lahirnya Kamus Utama Bahasa Sunda, menambah literatur kamus yang sudah ada sebelumnya. Namun Kamus Utama Bahasa Sunda yang diluncurkan pada peringatan Hari Bahasa Ibu Internasional di Unpad, 21 Februari 2015 itu disebut-sebut sebagai Kamus Bahasa Sunda terlengkap yang pernah ada.

    “Saya kira ini adalah yang terlengkap, bukan hanya dari jumlah entrinya yang mencapai 150 ribu kata, tetapi juga yang terpenting adalah ada contoh penggunaan kata dalam kalimat” ujar Dadan Sutisna, Wakil Ketua Tim Penyusunan Kamus di Bandung, Sabtu (21/2).

    Menurut Dadan, pembuatan kamus itu memakan waktu kurang lebih 3 tahun, dan dikerjakan dengan metoda ilmiah yang dapat dipertanggunjawabkan.

    “Mulai dari penyusunan hingga naik cetak memakan waktu kurang lebih 3 tahun. Tentu saja menggunakan metoda ilmiah, karena Kamus adalah hasil karya ilmiah bukan fiksi” ujar Dadan.

    Dadan menambahkan, langkah awal penyusunan Kamus  Utama Bahasa Sunda itu dengan mengumpulkan berbagai literatur baik koran, majalah dan buku. Setelah itu dipindahkan dalam media digital lalu dilakukan codifikasi sesuai aturan pembuatan kamus. Kamus Utama Bahasa Sunda terdiri dari 6 jilid, memuat 150 ribu entri. (Pun)

     

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus