Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Bank Sampah Induk Cimahi Luncurkan Kartu ATM

    http://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_11163.jpg

    CIMAHI-Bank Sampah Induk Cimahi atau Bank Samici menggandeng Bank Bukpopin akan meluncurkan Kartu Anjungan Tunai Mandiri (ATM) untuk meningkatkan pelayanan nasabah. Kartu ATM Bank Samici tersebut akan diluncurkan berbarengan dengan acara memperingati Hari Peduli Sampah Nasional Tingkat Kota Cimahi yang akan digelar Kamis (26/2).

    Menurut Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Cimahi, Budi Raharja, launching Kartu ATM Bank Samici tersebut akan dilakukan langsung oleh Walikota Cimahi, Hj. Atty Suharti bertempat di SMA Santa Maria, Jalan Jenderal Gatot Soebroto, Kota Cimahi.

    “Nasabah Bank Samici bisa mengambil uang melalui ATM Bank Bukopin atau ATM Bersama yang ada di Wilayah Kota Cimahi,” kata Budi kepada wartawan.

    Bank Samici dikelola di bawah Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Cimahi, berlokasi di Jalan KH. Usman Dhomiri Nomor 15, Kelurahan Padasuka, Kecamatan Cimahi Tengah, Kota Cimahi. Salah satu tugasnya adalah menampung dan membeli sampah anorganik yang sudah dipilah oleh masyarakat. Bank Samici dikelola dengan menggunakan system seperti perbankan pada umumnya.

    Menjadi nasabah Bank Samici cukup mudah. Masyarakat datang langsung ke Kantor Bank Samici dengan membawa poto copy Kartu Tanda Penduduk (KTP), kemudian mendaftar menjadi nasabah Bank Samici.
    “Syaratnya hanya poto copy KTP saja,” kata Gea, salah seorang petugas Bank Samci kepada jabarprov.go.id.

    Adapun cara menabung bisa dengan dua cara. Pertama, nasabah datang langsung ke Kantor Bank Samici sambil membawa sampah yang akan ditabung. Sampahnya sudah dipilah, beratnya minimal 1 kilogram. Sampah yang dibawa ditimbang dan dicatat oleh petugas. Selanjutnya, nasabah membawa bukti penimbangan sampah tersebut ke Teller Bank Samici untuk dicatat dalam buku tabungan milik nasabah tersebut.

    Sedangkan cara kedua, nasabah bisa menghubungi petugas Bank Samici melalui telephon. Petugas Bank akan segera datang ke tempat nasabah untuk melakukan penimbangan dan pencatatan. Syarat menabung dengan cara kedua ini, minimal sampah yang akan ditabung satu gerobak sampah yang ditarik oleh kendaraan sepeda motor roda tiga.

    Jenis-jenis sampah yang bisa ditabungkan antara lain botol  dan gelas plastic bekas kemasan air mineral, kardus, Koran, arsip, kemasan susu, kotak snack, karton, ember bekas cat, kaleng minuman, aluminium, kaleng oli kaleng cat, botol beling, botol bekas samphoo, botol oli, drum, jerigen bekas, besi, tembaga dan sejenisnya. (enal)

     

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus