Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    BI dorong TKI Gunakan Transaksi Non Tunai

    http://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_11299.jpg

    BANDUNG - Dalam rangka menindaklanjuti dan melaksanakan komitmen yang tertuang dalam Nota Kesepahaman tentang Peningkatan Penggunaan Transaksi Non Tunai dan Perluasan Akses Keuangan dalam Rangka Penempatan dan Perlindungan TKI yang telah ditandatangani oleh Bank Indonesia.

    Kementerian Tenaga Kerja, Otoritas Jasa Keuangan dan Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan TKI (BNP2TKI) pada tanggal 16 Februari 2015, maka pada hari ini telah dilakukan serangkaian kegiatan sosialisasi penggunaan transaksi non tunai dalam rangkaian proses penempatan dan perlindungan TKI.

    Sosialisasi dimaksud dilakukan dengan tujuan untuk memberikan edukasi dalam rangka peningkatan pemahaman para pimpinan Perusahaan Pengerah TKI Swasta (PPTKIS), perusahaan asuransi yang menyediakan perlindungan asuransi TKI, Balai Latihan Kerja Luar Negeri (BLKLN), lembaga penyedia sarana kesehatan dan badan sertifikasi kompetensi bagi TKI mengenai tujuan dan manfaat dilakukannya transaksi non tunai dalam rangkaian proses penempatan dan perlindungan TKI.

    Pelaksanaan sosialisasi pada hari ini di Bandung merupakan serangkaian kegiatan sosialisasi yang dilakukan di 7 kota, yaitu Jakarta, Medan, Bandung, Semarang, Pontianak, Surabaya dan Mataram yang dijadwalkan pada bulan Februari sampai dengan Maret 2015. Bandung merupakan kota ketiga setelah Jakarta dan Medan yang telah menyelenggarakan sosialisasi serupa.

    Kegiatan sosialisasi ini merupakan awal dari pelaksanaan komitmen bersama empat instansi (Bank Indonesia, Kemnaker, OJK dan BNP2TKI) untuk mengupayakan penyempurnaan layanan bagi TKI dengan rencana lanjutan sesuai rancangan kegiatan yang telah dituangkan dalam nota kesepahaman, yaitu meliputi : optimalisasi mekanisme pembayaran gaji TKI dan pemanfaatan jasa pengiriman uang TKI melalui jasa perbankan, yang strategi pendekatannya perlu melibatkan mekanisme Government to Government dengan melibatkan kerjasama antar bank sentral, khususnya membuka akses layanan non tunai melalui perbankan di negara-negara
    tempat TKI kita bekerja.

    Kedepan diharapkan TKI dapat menikmati peningkatan kesejahteraan dan martabat TKI, khususnya di Jawa Barat mengingat bahwa Provinsi Jawa  Barat adalah penyumbang jumlah TKI terbesar dibandingkan provinsi lainnya.

    Berdasarkan data dari website BNP2TKI, sepanjang Januari-September2014 tercatat jumlah TKI asal Jawa Barat mencapai 79 ribu orang.Jumlah ini jauh lebih banyak dibandingkan Provinsi Jawa Tengah yangberjumlah 69 ribu orang, dan Provinsi Jawa Timur yang berjumlah 60ribu orang. jo

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus