Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Jelang Perubahan OPD, Pemprov. Jabar Siapkan Tenaga Analis Jabatan

    http://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_11342.jpg

    BANDUNG. Sehubungan dengan terbitnya UU Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah, dimungkinkan adanya perubahan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan pemerintah di daerah termasuk diantaranya Pemprov Jabar.

    Menyikapi peluang perubahan OPD, Pemprov. Jabar akan segera menyiapkan tenaga analis jabatan, ungkap Karo Organisasi Pemprov. Jabar, Asep Sukarno dalam keterangannya kepada jabarprov.go.id, Rabu (4/3).

    Menurut Asep, dalam rangka meningkatkan efisiensi dan efektivitas penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan, perlu dilaksanakan penataan kelembagaan, ketatalaksanaan dan kepegawaian berdasarkan analisis jabatan dan analisis beban kerja.

    Dalam penataan organisasi, perlu dilakukan secara menyeluruh baik dari aspek penataan struktur, aspek ketatalaksanaan, sarana dan prasarana dan SDM. Untuk keperluan hal ini, diperlukan suatu metode dan teknis analisis jabatan serta analis beban kerja.

    Dengan analisis jabatan dapat diurai dan diperoleh informasi tentang jabatan diantaranya nama-nama jabatan fungsional sehingga pekerjaan dapat terbagi habis kepada semua staf. Sementara itu, melalui analisis beban kerja dapat dihitung kebutuhan riil formasi pegawai untuk setiap jabatan pada suatu unit kerja. Dengan sistem seperti itu, jika nanti ada perubahan OPD, penentuan personil OPD akan dikaji terlebih dahulu oleh tenaga analis jabatan.

    Asep, dalam bagian akhir keterangannya mengatakan  kebijakan Pemprov. Jabar pada tahun 2015 akan melaksanakan analis jabatan dan analis beban kerja untuk seluruh OPD di lingkungan Pemprov. Jabar. Selain itu, akan dilaksanakan penyusunan informasi jabatan. (SN)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus