Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Wagub: Setiap Kabupaten/Kota di Jabar Harus Punya BPBD

    http://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_11542.jpg

    BANDUNG – Setiap kabupaten dan kota yang ada di Jawa Barat memiliki potensi bencana, mulai dari banjir, longsor, puting beliung, dan lainnya. Untuk itu, agar memiliki kesigapan atau mitigasi serta penanggulangan bencana yang baik, setiap kabupaten dan kota yang ada di Jawa Barat perlu memiliki Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD).
     
    Menurut Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar, tidak ada satu pun kabupaten dan kota di wilayah Jawa Barat yang tidak memiliki potensi bencana, termasuk Kota Bandung. “Saya bilang tidak ada satu pun kabupaten/kota di Jawa Barat ini yang tidak punya potensi bencana. Bandung jangan pikir ga punya, kemarin puting beliung. Jadi memang ini perintah, setiap kabupaten/kota harus memiliki BPBD”, ungkap Wagub yang ditemui di Gedung Sate, Kamis (19/3).
     
    Wagub pun mencontohkan daerah lainnya seperti Bogor yang sebelumnya dikira tidak akan ada terjadi bencana, namun terjadi longsor. Dengan demikian adanya BPBD tersebut sebagai antisipasi apabila terjadi bencana. “Jawa Barat ini ring of fire. Kayak misalkan Bogor, dikira kan ga ada bencana tapi ada longsor. Ini (Jawa Barat) daerah punya potensi bencana, jadi jangan jadi takabur, seolah-olah tidak ada potensi bencana di daerahnya. Adanya badan (BPBD) tadi untuk mengantisipasi kalau memang timbul bencana”, kata Wagub.
     
    Dengan adanya BPBD di setiap kabupaten/kota tersebut, menurut Wagub dapat memudahkan koordinasi serta kerjasama dalam penanggulangan bencana, seperti pendistribusian bantuan.
     
    Tahun lalu, dari 27 kabupaten/kota yang ada di Jawa Barat hanya 8 kabupaten/kota yang memiliki BPBD. Untuk itu, pemprov pun akan mengecek kabupaten/kota yang belum memiliki BPBD. “Pemerintah daerah yang belum memiliki BPBD harap segera (membuat), sehingga nanti-kita tidak berharap-pada saat adanya bencana kita tahu bekerja sama dengan lembaga atau dinas terkaitnya, dan bantuan kemana (pendistribusiannya)”, himbau Wagub.

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus