Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Banyak Masyarakat Tak Paham Kekuatan Bambu

    http://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_11601.jpg

    BANDUNG- Keberadaan pohon bambu sebagai bahan untuk membangun, khususnya rumah masih dianggap sebelah mata oleh sebagian besar masyarakat, khususnya mereka yang berada di pedesaan.

    Ini terbukti dari banyaknya masyarakaat yang saat ini lebih memilik bahan diluar bambu, seperti batu bata untuk membuat tempat tinggal mereka.

    Ketua Kehormatan Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) Jawa Barat, Pon S. Purajatnika menyatakan, saat ini banyak masyarakat yang belum mengenai kekuatan rumah yang terbuat dari bambu, sehingga banyak dari mereka beralih ke rumah yang terbuat dari bahan campuran pasir dan semen.

    “Masyaraat lebih mudah membuat rumah dari bahan campuran pasir dan semen ketimbang bambu yang prosesnya cukup panjang sebelum digunakan,” ucapnya

    Padahal menurut Pon, rumah yang terbuat dari bahan bambU sudah terbukti kuat terhadap gaya lateral atau goncangan hingga 7 skala rihter lebih.

    “Saya coba di Kampung Naga waktu itu, disana ada kebudayaan pindah imah, rumahnya di dorong, bayangkan itu goncangannya berapa itu ? Mungkin setara dengan 7 skala rihter lebih,” kata Pon, yang juga Ketua Komunitas Cinta Bambu.

    Sehingga menurutnya, saat terjadi gempa di wilayah Jabar, sangat sedikit rumah yang terbuat dari bahan bambu yang roboh atau rusak dibanding rumah yang terbuat dari bahan bata, pasir dan semen. (Parno)

     

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus