Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Kebutuhan Investasi Sanitasi Rp 273,7 Trilyun

    http://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_11638.jpg

    BANDUNG- Target Millennium Development Goals (MDGs) menegaskan, setiap Negara diharapkan telah mampu mewujudkan 100% akses sanitasi untuk penduduknya pada tahun 2030.

    Indonesia menargetkan lebih awal dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2015-2019. “Indonesia optimis mampu menyediakan akses sanitasi layak untuk setiap warga Negara Indonesia tanpa terkecuali pada tahun 2019,” kata Deputi Menteri Perekonomian Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Bidang Peningkatan Kesehatan, Dr.dr.Tb. Rahmat Santika, Sp.A.MARS yang menjadi moderator  pada  Forum Advokasi & Horizontal Learning (AHL) Aliansi Kabupaten-Kota Peduli Sanitasi (AKKOPSI) Bersama Provinsi Peduli Sanitasi yang berlangsung di Aula Barat Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Rabu (25/3).

    Pemerintah Indonesia, kata Tb. Rahmat,  meyakini, kondisi sanitasi di Indonesia akan melampauai target MDGs sebesar 62,4% masyarakat Indonesia memiliki akses sanitasi pada tahun 2015. Walaupun target MDGs 2015 berhasil dilampaui, masih tetap diperlukan upaya keras untuk memenuhi target berikutnya, yaitu universal akses sanitasi pada 5 tahun mendatang.

    “Pemerintah menetapkan universal akses sanitasi membawa konsekwensi kebutuhan pendanaan Rp 273,7 trilyun sampai lima tahun ke depan. Kebutuhan sebesar itu diharapkan dari berbagai sumber yang perlu dikonsolidasikan. Salah satu potensi pendanaan yang masih belum dimaksimalkan pelaksanaannya untuk mengejar universal akses sanitasi adalah anggaran kesehatan sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Nomor 36 tahun 2009 tentang kesehatan,” katanya. (enal)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus