Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Kemana Tiang Benderan Gedung Merdeka ?

    http://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_11738.jpg

    BANDUNG- Sejumlah masyarakat Kota Bandung dari berbagai kalangan, mulai dari seniman, budayawan, pelaku sejarah dan komunitas, mempertanyakan keberadaan tiang bendera yang berada di sisi kanan Gedung Merdeka atau yang berada di sekitar Jalan Cikapundung Timur.
     
    Seperti di kemukakan Abah Landung yang merupakan pelaku sejarah Konferensi Asia Afrika (KAA) tahun 1955, dirinya mengaku prihatin dengan tidak adanya tiang bendera yang biasanya digunakan untuk mengibarkan bendera negara-negara peserta KAA.
     
    “Itu (tiang bendera) merupakan situs yang ga boleh dipindahkan, ini sebagai bentuk penghormatan kepada pendahulu,” ujarnya.
     
    Hal yang sama juga dikemukakan Budi Dalton, yang merupakan mantan calon Walikota Bandung. Menurutnya, tiang bendera yang berada di sisi kanan gedung dengan jumlah 70 buah mem punyai nilai sejarah.
     
    “Ini merupakan sebuah kebanggaan bagi Kota Bandung, mudah-mudahan nanti ada tiang penggantinya,” ucap Budi, dalam sebuah diskusi “Ngadu Bako Kawasan Cagar Budaya” di Media Center, Mesium KAA, Kamis (02/04).
     
    Sementara itu, Penggiat Seni yang juga penggagas Perhimpunan Kampung Kreatif Indonesia (PKKI), Rahmat Jabaril menyatakan, dibongkarnya tiang bendera di Gedung Merdeka sebagai bentuk untuk menghilangkan jejak sejarah.
     
    “Kalau itu dihilangkan lebih karena aspek estetika gedung, tentunya aspek etika juga harus dikedepankan karena ini menyangkut sejarah,” katanya.
     
    Menurut Jabaril, Pemerintah Kota Bandung  harus bertanggungjawab jika pembongkaran tiang bendera ini ternyata telah melanggar .
     
    “Tiang itu sudah berdiri 60 tahun lalu,” tegasnya. (Parno)
     

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus