Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Minat Baca Siswa Perlu Dirangsang

    http://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_11841.jpg

    KUNINGAN–Sebagai bagian dari program USAID PRIORITAS, budaya baca terus dikembangkang kepada segenap lapisan unsur pendidikan di Kab. Kuningan, termasuk sekolah yang ada di lingkungan binaan Kantor Kementerian Agama, dalam hal ini MI Cokroaminoto.    

    Salah satu wujud nyata kepedulian USAID PRIORITAS adalah mengajak peran serta guru dan siswa yang ada di lingkungan MI Cokroaminoto untuk mengunjungi Perpustakaan Daerah Prof. DR. Edi S. Ekadjati yang beralamat di Jl. Siliwangi  dan berada di bawah Kantor Arsip dan Perpustakaan Kab. Kuningan.
        
    “Kami sangat mengapresiasi atas kunjungan dari unsur sekolah ini, apalagi dari unsur madrasah, kami sangat bangga sekali atas wujud nyata dari segenap stakehokder MI Cokroaminoto yang berkenan memperkenalkan budaya baca kepada segenap peserta didik generasi muda Kab. Kuningan” ujar Kepala Kantor Arsip dan Perpustakaan, Dudin Mufakir, SH, didampingi Kasie Perpustakaan, Warsija, M.Pd, disela–sela menerima kunjungan guru dan siswa MI Cokroaminoto, kamis (09/04). 

    Dudin berharap, kunjungan siswa dan guru ini dalam rangka memperkuat pendidikan dasar bagi siswa – siswi kelas awal, khususnya minat baca. Oleh sebab itu, Dudin menyambut baik program budaya baca yang dikembangkan oleh USAID PRIORITAS. ”Anak – anak perlu dikenalkan pada program budaya baca, mereka harus sedini mungkin dikenalkan kepada budaya baca, agar generasi muda Kuningan pintar dan cerdas”, Dudin menambahkan.

    Kunjungan yang berjumlah 76 orang siswa dan guru MI Cokroaminoto ini merupakan program awal kunjungan ke perpustakaan daerah, yang rencananya akan dimasukkan dalam program madrasah. ”Selain ada program kunjungan ke perpustakaan daerah, sekolah kami juga sudah menerapkan program membaca senyap yang diterapkan sebagai bentuk implementasi program USAID PRIORITAS. ”kami sangat senang didorong untuk maju, apalagi mencerdaskan anak bangsa melalui program budaya baca, selain program kunjungan ke perpustakaan, kami juga telah menerapkan budaya baca di sekolah kami yang diselenggarakan setiap hari sabtu pukul 08.00 pagi”. Ujar Tatat Pujiati, kepala MI Cokroaminoto Kuningan. 
        
    Para siswa tampak aktif mencari buku yang disukai, kemudian mencari tempat untuk membaca, salah seorang siswa tampak senang ketika diperkenalkan dunia perpustakaan, bagi mereka ini adalah hal yang baru, ”saya senang, karena sudah diperkenalkan kepada perpustakaan di Kuningan, tempatnya asyik dan bisa menjadi tempat baca yang nyaman” ujar Syifa Aulia Rahma, kelas VI di sela – sela wawancara dengan koran ini.
     
    Madrasah yang terletak di Jalan Djuanda Kuningan ini menjadi mitra Program USAID PRIORITAS, salah satunya menerapkan program budaya baca, karena dengan membaca selain memberikan pengetahuan bagi siswa, juga bermanfaat bagi siswa untuk mengasah keterampilan menulis ”kegiatan membaca ini mendorong siswa untuk aktif menulis, membaca dan menulis itu satu kesatuan, semakin banyak kita membaca, semakin banyak tabungan yang bisa kita tulis, kami apresiasi sekolah MI Cokroaminoto bisa menerapkan budaya membaca di sekolah secara serentak dan sudah ada pojok baca di setiap kelas.” Ujar Ahmad Syaiful Bahri, koordinator USAID PRIORITAS Kab. Kuningan

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus