Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Lomba Nulis Carpon di Bapusipda Prov. Jabar

    http://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_11984.jpg

    BANDUNG-Sebanyak 50 siswa/siswi SMA/SMK dari 27 kabupaten/kota di Jawa Barat mengikuti lomba/pasanggiri nulis carita pondok (carpon) yang digelar Badan Perpustakaan dan Kearsipan Daerah (Bapusipda) Provinsi Jawa Barat di Gedung Perpustakaan Deposit Bapusipda Provinsi Jawa Barat, Jalan Soekarno Hatta Nomor 629, Kota Bandung, Selasa (21/4).

    Lomba nulis carpon dengan tema “Hayu Urang ka Perpustakaan, Cara Pinter Sangkan Pinter” itu, dibuka oleh Kepala Bapusipda Provinsi Jawa Barat, Hj. Tati Iriani, SH, MM. Dalam lomba tersebut, setiap peserta diberi waktu kurang lebih 120 menit untuk membuat sebuah carpon dengan cara ditulis tangan sesuai tema yang telah ditentukan. “Lomba nulis carpon ini memiliki tujuan antara lain untuk menanamkan rasa kecintaan terhadap budaya Jawa Barat melalui peningkatan gemar membaca, mengembangkan potensi kemampuan membaca yang implementatif dan meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya pelestarian literatur yang diterbitkan di Jawa Barat dan tentang Jawa Barat,” kata Kepala Bapusipda Provinsi Jawa Barat, Hj. Tati Iriani, SH, MM dalam sambutannya ketika membuka acara tersebut.

    Sementara itu Kepala Bidang Deposit dan Pengolahan Bahan Perpustakaan Bapusipda Provinsi Jawa Barat, Dr.Hj. Oom Nurrohmah, Msi menjelaskan, melalui lomba nulis carpon tersebut, pihaknya mengajak para remaja, khususnya siswa/siswi SMA/SMK dan yang sederajat, agar membudayakan kegemaran membaca dan menulis. “Kemampuan menulis yang baik dan benar dilandasi oleh kemampuan membaca yang baik dan benar. Sedangkan membaca yang benar adalah membaca yang efektif dan akuntabel.

    Dalam menulis yang baik dan benar, terlebih dahulu harus mengenal keinginan diri melalui pencarian literatur, memilih literatur yang relevan, kemudian harus bisa menganalisis leterasi dari menuangkannya dengan bahasa sendiri,” katanya.

    Para pemenang dalam lomba tersebut, menurut Hj. Oom, akan diberi uang pembinaan, piala KaBapusipda Provinsi Jawa Barat dan Piagam Penghargaan. Untuk Juara I akan diberi uang pembinaan Rp 3 juta, Piala KaBapusipda Provinsi Jabar dan piagam penghargaan, Juara 2 akan diberi uang pembinaan Rp 2,5 juta, Piala KaBapusipda Provinsi Jabar dan piagam penghargaan, Juara 3 uang pembinaan Rp 2 juta, Piala KaBapusipda Provinsi Jabar dan piagam penghargaan, Juara Harapan I akan diberi uang pembinaan Rp 1,5 juta Piala KaBapusipda Provinsi Jabar dan piagam penghargaan dan Juara Harapan 2 akan diberi uang pembinaan Rp 1 juta Piala KaBapusipda Provinsi Jabar dan piagam penghargaan. (enal)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus