Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Peringatan KAA Jadikan Momentum Asia Afrika Memiliki Kutub Ekonomi Sendiri

    http://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_12046.jpg

    JAKARTA. Anggota Komisi XI DPR RI, Ecky Awal Mucharam dalam release yang diterima jabarprov.go.id, Kamis (23/4).

    Mengatakan pidato Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) pada pembukaan Peringatan 60 tahun Konferensi Asia-Afrika layak diapresiasi

    Dari isi pidato tersebut, terungkap sudah saatnya negara-negara Asia-Afrika memiliki kutub ekonomi sendiri, bukan hanya berpatron pada lembaga keuangan yang sudah ada selama ini seperti Bank Dunia, IMF, atau ADB. Presiden Jokowi dan  pemerintahannya harus konsisten dan komitmen dengan perkataannya, serta mencerminkan hal tersebut  dalam kebijakannya.

    Selama ini tatanan lembaga keuangan dunia tidak berpihak kepada negara dunia ketiga. Terbukti dari data Bank Dunia yang menunjukan bahwa kesenjangan antara negara-negara di dunia makin parah.
     
    Saat ini, ujar Ecky pola geopolitik dunia bergeser ke multipolar, dunia lebih berimbang dengan adanya opsi lain pendanaan seperti AIIB sehingga bargaining position Asia-Afrika lebih kuat. “Misalnya, donasi atau bantuan keuangan tak perlu lagi disertai dengan syarat-syarat mengikat seperti yang sering didiktekan oleh lembaga donor selama ini. Kita jadi bisa lebih nyaman  menerapkan strategi pembangunan sendiri. (SN)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus