Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Pengusaha Minta BPJS Tunda Jaminan Pensiun

    http://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_12199.jpg

    BANDUNG -  Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) menyarankan BPJS Ketenagakerjaan menunda program jaminan pensiun yang rencananya diberlakukan per 1Juli 2015.

    Ketua Umum Apindo, Hariyadi Sukamdani melihat pemerintah masih belum siap dengan program baru itu sehingga tidak usah dipaksakan.

    "Kami sudah surati presiden dan DPR agar diundur. Tapi belum ada balasan," ujarnya di Bandung.

    Ia melihat ada beberapa persoalan yang harus diselesaikan agar pelaksanaan jaminan pensiun maksimal dan sesuai dengan tujuan utamanya. 

    Pertama, belum ada harmonisasi dalam UU 13 Tahun 2003, terutama pasal 167 yang membahas tentang uang pensiun dan pesangon. Jika pasal tersebut tidak disesuaikan atau diharmonisasikan akan timbul persepsi yang berbeda antar sejumlah pihak. 

    Kedua, masalah teknis perusahaan. Sampai sekarang, hampir seluruh perusahaan belum menyiapkan anggaran jaminan pensiun. Sebab, hingga kini perusahaan belum mengetahui sistem iuran maupun besaran iurannya. Apalagi sampai sekarang, manfaat yang diperoleh masih belum jelas. 

    Persoalan ketiga, besaran iuran yang dianggap pengusaha terlalu besar yakni 8 persen dari nilai gaji karyawan.

    "Berbagai persoalan ini harus dibicarakan bersama untuk mencari solusi. Sebab, jika pemerintah bersikukuh memberlakukan program ini pada 1 Juli 2015, ia yakin banyak perusahaan yang tidak ikut serta."jo 

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus