Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Industri Makanan Masih Tumbuh

    http://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_12216.jpg

    BANDUNG-Pertumbuhan produksi industri manufaktur besar dan sedang pada Triwulan I 2015 (q-to-q) turun sebesar 1,23% dari Triwulan IV tahun 2014. Industri barang logam mengalami penurunan terbesar pada triwulan ini, sebaliknya industri makanan menyumbang pertumbuhan industri sebesar 3,63%.

    Kepala Bidang Neraca Wilayah dan Analisis Statistik BPS Provinsi Jawa Barat, Ade Rika Agus mengatakan, pertumbuhan produksi manufaktur besar dan sedang pada triwulan ini lebih rendah dibandingkan pertumbuhan pada triwulan sebelumnya yang tumbuh sebesar 2,94%.

    "Untuk jenis industri yang mengalami kenaikan tertinggi pada Triwulan I 2015 adalah industri makanan yang tumbug sebesar 3,63%. Sedangkan jenis industri yang mengalami penurunan terbesar adalah industri barang logam, bukan mesin, dan peralatannya mengalami peryumbuhan melambat sebesar 3,04%," katanya.

    Kalau dilihat secara nasional pertumbuhan produksi manufaktur besar dan nasional Triwulan satu ini tumbuh melambat sebesar 0,71 persen dari Triwulan empat tahun lalu. Begitu juga untuk pertumbuhan produksi secara nasional pada triwulan ini lebih rendah.

    Sementara untuk pertumbuhan produksi industri mikro dan kecil triwulan I (q-to-q) tahun 2015 di Jawa Barat mengalami penuruban pertumbuhan sebesar 0,50%. Tiga jenis industri mikro dan kecil yang mengalami kenaikan terbesar pada triwulan ini adalah industri pengolahan tembakau naik 14,34%, industri logam dasar naik 11,83%, dan industri percetakan dan reproduksi media rekamana naik 10,20%.

    Bila dilihat secara year on year (y-on-y), pertumbuhan produksi industri mikro dan kecil triwulan satu ini Jawa Barat mengalami kenaikab pertumbuhan sebesar 4,80 persen dibandingkan tahun 2014. Kenaikan terbesar terjadi pada industri alat angkutan, industri karet, serta barang dari karet dan plastik. jo

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus