Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Genetik Bibit Sapi Via Sentuhan Teknologi

    http://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_12320.jpg

    BANDUNG-Pembangunan sektor peternakan tahun ini mendapatkan kemajuan karena di tahun ini program pengembangan genetik mendapatkan sentuhan teknologi, papar Kadis Perikanan Jabar, Doddy Firman Nugraha dalam keterangannya kepada jabarprov.go.id, Senin (18/5).

    Doddy, lebih lanjut memaparkan, dalam pengembangan genetik yaitu Sapi Pasundan sebagai sapi lokal asal Jabar dalam proses pengembangan genetiknya akan menggunakan teknologi yang dibuat Kementerian Ristek.

    Untuk tahap awal program tersebut, akan dibuat MOU yang ditandatangani pihak Kementerian Ristek, Kementerian Pertanian dan Pemprov. Jabar. Untuk waktu MoU dijadwalkan akan berlangsung (19/5).

    Program pengembangan genetika hewan ternak, di Jabar menurut Doddy bukan program baru karena program serupa sudah dibuat dalam program pengembangan abribisnis terpadu dengan melibatkan partisipasi dengan Dinas Pertanian Tanaman Pangan.

    Program tersebut, di sektor peternakan mengembangkan ternak Domba Garut dan Sapi Rancah. Sementara di sektor pertanian menyediakan lahan yang dilengkapi berbagai tumbuhan sebagai sumber makanan domba dan sapi termasuk diantaranya menyediakan tumbuhan rumput.

    Lokasi yang dibuat dalam pengembangan program tersebut, ada di kawasan Cianjur Selatan yaitu di Kecamatan Cikadu.

    Program tersebut, berorientasi pada pengembangan hewan ternak genetik lokal asal Jabar. Dengan program ini diharapkan dapat mengurangi ketergantungan impor daging hewan. 

    Melalui kerjasama dengan Kementerian Ristek, ujar Doddi, program tersebut dapat meningkat dari sisi kualitas dengan kehadiran sarana teknologi pengembangan genetik hewan. (SN)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus