Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Kelurahan Cibeber Layak Jadi Sentra Batako

    http://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_12351.jpg

    CIMAHI- Pada tahun 2014 lalu, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Cimahi telah melakukan survey direktori bisnis UMKM Kota Cimahi. Hasul survey dan analisa data diketahui bahwa di Kelurahan Cibeber, yaitu tepatnya di RW 07 dan RW 08 terdapat 62 pengrajin batako, sehingga sudah layak untuk dijadikan sebuah sentra.

    Berdasarkan informasi yang dihimpun jabarprov.go.id, Selasa (19/5), pada hari Rabu tanggal 28 April 2015, atas inisiasi aparatur Kelurahan Cibeber, telah dilakukan pertemuan awal komunitas pengrajin calon sentra batako di RT 01 RW 07. Pertemuan tersebut berlangsung di salah satu rumah pengrajin batako dan dihadiri oleh 15 orang pengrajin batako, perwakilan dari bagian administrasi perekonomian Setda Kota Cimahi, Beppeda dan Diskopindagtan Kota Cimahi serta dosen dari Politeknik Manufaktur (Polman) Bandung.

    Dalam pertemuan tersebut, dilakukan diskusi dan tanya jawab perihal potensi dan permasalahan yang dihadapi oleh para pengrajin. Terkait dengan potensi dan permasalahan tersebut, pihak Diskopindagtan Kota Cimahi menyatakan kesiapannya dalam pembinaan sentra batako melalui pelatihan kewirausahaan, peningkatan teknologi industry, pemasaran dan pembentukan koperasi. Sedangkan pihak Polman Bandung menyatakan kesiapannya dalam membina sentra, khususnya dalam upaya peningkatan kualitas dan diversifikasi produk batako Cibeber dengan serangkaian uji laboratorium dan memberikan teknologi tepat guna untuk meningkatkan daya tahan dan menekan biaya produksi.

    Selain dilakukan diskusi dan tanya jawab, dalam pertemuan tersebut, juga dilakukan pembentukan Komunitas Sentra Batako Cibeber (KSBC).

    “Kami menyambut baik adanya upaya Pemerintah Kota Cimahi untuk menjadikan Cibeber sebagai sentra batako di Kota Cimahi. Mudah-mudahan segera direalisasikan,” kata H. Mahdar, Ketua RT 03 RW 07 Kelurahan Cibeber, Kecamatan Cimahi Selatan, Kota Cimahi di rumahnya dalam percakapan dengan jabarprov.go.id, Selasa (19/5).

    H. Mahdar berharap dengan dijadikannya Cibeber sebagai sentra batako, para pengrajin batako di kampungnya ke depan semakin maju dan berkembang.

    Kelurahan Cibeber memiliki luas areal 322,56 hektar, berpenduduk 21.340 jiwa, tersebar di 14 RW dan 87 RT. (enal)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus