Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Pemerintah Optimis Ganti Rugi Proyek Jatigede Tuntas Tahun 2015

    http://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_12374.jpg

    BANDUNG- Pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum optimis ganti rugi proyek Waduk Jatigede yang berlokasi di Kabupaten Sumedang akan dapat dituntaskan di tahun 2015.

    Hal tersebut diungkapkan Direktur jenderal Sumber Daya Air Mudjiati.kepada wartawan, usai memberi pengarahan di Puslitbang Sumber Daya Air (SDA) Jl. Ir.H. Djuanda. Kota Bandung. (20/5)

    Mudjiati, lebih lanjut mengatakan tidAk lama lagi pembayaran pembebasan lahan  pembangunan mega proyek waduk Jatigede, akan tuntas. Pelaksanaannya dari sisi waktu,   tidak akan sampai  akhir tahun 2015.  Lahan  masyarakat, yang terkena proyek tersebut, akan mendapat santunan.

     Pembayaran untuk pembebasan lahan, untuk  penetapan harga, jumlahnya sudah ditentukan serta sudah  diusulkan.   Kementrian Pekerjaan Umum (PU)  sudah mengusulkan kepada  Menteri Keuangan,besaran  santunan tersebut tidak sama, berkisar dari Rp. 29 juta hingga Rp. 122 juta/KK .

    Perbedaaan tersebut, disebabkan adanya perbedaan  kelas lahan .Untuk anggaran seluruhnya awalnya Rp. 602 Milyar kini berubaha menjadi Rp.740 Milyar.
    Pembayaran diharapkan sesuai jadwal yang sudah ditentukan yaitu sekitar   Bulan Juli 2015. Tantangan yang dihadapi  namun pemindahan  425 kK  prosesnya   tidak mudah karena membutuhkan waktu yang cukup panjang.

    Kendat demikian, pihak Kementerian Pekerjaan Umum tetap menargetkan ganti rugi lahan di sekitar Waduk Jatigede bisa selesai dalam tahun ini, diharapkan tidak sampai akhir tahun.

    Adanya  proses waktu yang lama dalam proses  pembayaran disebabkan  adanya  proses yang harus ditempuh, karena pencairan untuk pembayaran, ujar Mudjiati  harus melalui proses administrasi, setelah diajukan selanjutnya ditetapkan oleh  Pemerintah untuk proses pencairannya. (SN)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus