Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Sistem Resi Gudang Diperkuat

    http://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_12382.jpg

    BANDUNG - Forum Kordinasi Pengendalian Inflasi FKPI) Jabar yang diwakili oleh Bank Indonesia serta Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Barat menandatangani Nota Kesepahaman tentang Kerjasama Pengembangan dan Percepatan Implementasi Sistem Resi Gudang (SRG) di Jawa Barat bersama dengan Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) dan PT POS Indonesia.

    "Nota kesepahaman ini dimaksudkan untuk merevitalisasi SRG yang sudah ada di Jawa Barat," ujar Rosmaya Hadi Kepala Perwakilan BI Jabar.

    Manfaat SRG bagi petani adalah untuk mempermudah alternatif pembiayaan melalui resi yang diperoleh. Sedangkan kepastian jumlah stok dalam gudang akan memberikan rasa aman bagi pedagang sehingga harga jual pedagang berada pada level yang stabil.

    Data jumlah stok komoditas dalam gudang bisa disampaikan kepada pemerintah, sehingga pemantauan data produksi di daerah bisa dipantau dengan lebih akurat. Dengan adanya SRG yang terintegrasi dari hulu ke hilir diharapkan akan mengefisiensikan stok komoditas dan membentuk stabilitas harga, sehingga inflasi lebih terkendali.

    Kedepan, sistem ini diharapkan dapat memberikan informasi mengenai ketersediaan stok bahan pangan, dan mengurangi spekulasi masyarakat terhadap kurangnya stok yang ada di pasar. Selain itu, dengan mengintegrasikan informasi antara satu gudang dengan gudang lainnya, akan diperoleh sebuah sistem integrasi data mengenai stok komoditas dari berbagai daerah.

    Tidak menutup kemungkinan terjalin kerjasama antar daerah dimana gudang dengan kelebihan stok pada komoditas tertentu dapat menyalurkan kepada gudang dengan komoditas yang kurang. jo

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus