Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Siswi SMKN I Cimahi Ciptakan TTG Listrik Forever

    http://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_12675.jpg

    CIMAHI- Siswi Kelas X Kontrol Proses A SMKN I (dulu STM Pembangunan) Kota Cimahi berhasil membuat alat teknlogi tepat guna diberi nama Listrik Forever. Sebuah alat yang dapat menyediakan alternative listrik berkapasitas 200 watt.

    “Alat ini kami namakan Listrik Forever, karena pada alat ini terjadi sirkulasi energy listrik. Alat ini mempunyai kegunaan untuk menghasilkan alternative listrik yang ramah lingkungan dan hemat energy yang dapat membantu tersedianya sumber listrik di daerah terpencil,” kata Almira, salah seorang pembuat alat teknologi tepat guna tersebut kepada jabarprov.go.id.

    Menurur Almira, alat teknologi tepat guna yang ikut dipamerkan dalam Gelar Teknologi Tepat Guna Tingkat Provinsi Jawa Barat Tahun 2015 di Cimahi Convention Hall, Kota Cimahi tanggal 5-7 Juni 2015 itu, dibuat tidak oleh dirinya sendiri, tetapi oleh lima orang, yaitu Almira, Aldila, Dinda, Dini dan Risha, semuanya siswi Kelas X Kontrol Proses A SMKN I Kota Cimahi.

    “Untuk membuat alat yang kami namakan Listrik Forever ini menghabiskan uang Rp 800 ribu. Uang itu hasil patungan kami berlima,” katanya.

    Proses kerja alat yang dibuatnya itu, menurut Almira, sangat sederhana. Pertama, tegangan dari accumulator akan menggerakkan motor DC. Kemudian, putaran yang dihasilkan motor DC digunakan untuk menggerakkan motor DC yang lain. Lalu, tegangan yang dihasilkan disambungkan pada kapasitor dan inverter DC to AC, sehingga menghasilkan tegangan.

    “Selain dapat digunakan untuk beban, output yang dihasilkan juga diparalelkan dengan rangkaian inverter AC to DC untuk mencharge accumulator,” katanya.

    Adapun prinsip kerja dari alat tersebut, beber Almira, sama seperti sepeda motor, selain accumulator digunakan untuk menghidupkan lampu dan lainnya hingga 200 watt, accumulator juga dapat discharge saat digunakan, sehingga terjadi sirkulasi energy secara terus menerus. (enal)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus