Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Joko Susilo Ciptakan Damkar Mini Multifungsi

    http://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_12676.jpg

    CIMAHI- Musibah kebakaran bila terjadi pada bangunan yang berada di gang-gang sempit di daerah perkotaan cukup sulit untuk diatasi karena tidak terjangkau oleh mobil pemadam kebakaran. Akibatnya, kobaran api menjalar ke gedung lain di sekitarnya.

    Dilatarbelakangi permasalahan tersebut, Joko Susilo, warga RT 12 RW 06 Tytyan Kencana, Marga Mulya, Kota Bekasi menciptakan alat teknologi tepat guna pemadam kebakaran berkuruan mini diberi nama Damkar (Pemadam Kebakaran) Mini Multifungsi.

    “Alat ini tidak hanya dapat digunakan untuk alat alternative tindakan darurat pemadam kebakaran saja, melainkan dapat juga digunakan untuk menyiram taman atau tanaman. Jadi, alat ini multifungsi,” kata Joko Susilo ketika mengikuti Gelar Teknologi Tepat Guna Tingkat Provinsi Jawa Barat Tahun 2015 di Cimahi Convention Hall (CCH), Kota Cimahi, kepada jabarprov.go.id, belum lama ini.

    Joko menjelaskan, Damkar Mini Multifungsi buatannya itu, mempunyai keunggulan fungsi dibanding alat sejenis yang berupa apar, tabung pemadam maupun produk lain karena hanya memerlukan air sebagai bahan baku pemadam. Keunggulan lainnya, sparepart yang digunakan untuk membuat Damkar Mini ini mudah didapat, terjangkau harganya dan tidak memerlukan keahlian khusus dalam memasangnya.

    Damkar Mini Multifungsi, beber Joko, dibuat dari bahan-bahan terdiri dari Tangki berkapasitas 200 liter, pompa air dengan kapasitas 1 HP, 6000 RPM, 0,7 KW, 3 BAR, 8M3/JAM, selang sepanjang 8 meter, body kereta terdiri dari rakitan kayu dan pipa diameter 1,5 Inci, spare part fast moving terdiri dari busi, seal2, selang.

    Damkar Mini Multifungsi ini memiliki berat kalau isi 250 kilogram, kalau kosong hanya 50 kilogram saja. Bisa menyemprotkan air sejauh 14 meter dengan waktu 10 menit. Tenaga operatornya minimal 2 orang. Untuk membuat satu unit Damkar Mini menghabiskan biaya Rp 6 juta.

    “Alat ini sudah kami gunakan di lingkungan kami untuk berbagai keperluan, yaitu untuk damkar darurat di gang sempit dan penghijauan lingkungan,” katanya. (enal)

     

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus