Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Penduduk Jabar, Tiap Tahun Bertambah 1 Juta Jiwa

    http://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_12752.jpg

    BANDUNGKAB-Jumlah penduduk Jawa Barat pada tahun 2010 tercatat ± 43 juta, hingga akhir tahun 2014 mengalami pertambahan menjadi 46,03 juta.

    “Jumlah ini menetapkan Jawa Barat sebagai provinsi dengan jumlah penduduk terbesar di Indonesia,” ungkap Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Barat, Drs. Sugilar,  Senin  (15/6) saat memberikan sambutannya dalam acara Raker KB Kab. Bandung.

    Ia menyebutkan, laju pertumbuhan penduduk (LPP) Jawa Barat sebesar 1,89% per tahun atau diatas rata-rata nasional sebesar 1,45% pada kurun 1990-2000. Angka ini mengingatkan, bahwa setiap tahun penduduk Jawa Barat bertambah sekitar 1 juta lebih.

    “Jika kondisi LPP Jawa Barat stagnan pada 1,9 sampai 2% per tahun, menurut proyeksi para ahli kependudukan. Maka pada kurun waktu 30 tahun kedepan penduduk Jawa Barat akan menjadi dua kali lipat dari kondisi saat ini,” kata Sugilar.

    Jumlah penduduk yang semakin membengkak kata Sugilar, bisa menjadi beban bagi keluarga dan negara untuk memenuhi kebutuhan dasarnya. “Tentunya hal ini merupakan tantangan kita semua untuk menanganinya,” kata Sugilar pula.

    Sugilar menilai, tingkat kesertaan ber-KB di kabupaten Bandung atau Contraceptif Prevalency Rate (CPR) sudah cukup tinggi sebesar 74,8% (hasil susenas 2013). Kendati demikian, Tingkat Fertilitas Rate (TFR) di Kabupaten Bandung masih cukup tinggi sebesar 2,48. Artinya rata-rata jumlah anak yang dimiliki oleh setiap wanita usia subur selama reproduksinya adalah 2,5 sampai 3 anak.

    Dalam rekerda tersebut tampil dua orang pembicara sebagai narasumber, masing-masing Prof. DR. Ir. H. Ganjar Kurnia, DEA sebagai pakar demografi dan DR. Hj. Neni Kencanawati, M.Si sebagai Ketua Harian Gugus Tugas Tindak Pidana Perdagangan Orang P2TP2A Provinsi Jawa Barat.

     

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus