Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Bulan Ramadhan Volume Sampah Naik 10-15 Persen

    http://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_12944.jpg

    CIMAHI- Kepala Bidang Kebersihan Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Cimahi, Ade Ruhiyat mengungkapkan, jumlah volume sampah pada hari-hari biasa di Kota Cimahi mencapai 720 meter kubik. Jumlah tersebut mengalami kenaikan 10 persen sampai 15 persen pada hari-hari bulan Ramadhan.

    “Seharusnya di buka puasa ini lebih efisien, tapi ternyata lebih konsumtif. Pada hari-hari bulan Ramadhan itu, biasanya masyarakat memasak dua kali lipat. Belum lagi restoran dan rumah makan menambah volume sampah. Kebanyakan sampah rumah tangga,” kata Ade Ruhiyat kepada wartawan.

    Untuk mengatasi lonjakan sampah selama bulan Ramadhan, jelas Ade, Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Cimahi akan lebih mengoptimalkan sumber daya manusia dan fasilitas pengelolaan sampah.

    “Total tenaga kerja sebanyak 219 orang, semuanya di lapangan, mulai dari korwil, supir, kernek, penjaga TPS sampai penyapu. Meski dalam suasana puasa, pengangkutan sampah tetap berlangsung. Mudah-mudahan tidak ada kendala,” katanya.

    Menurut Ade, saat ini Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Cimahi memiliki 28 truk pengangkut sampah. Truk tersebut ada yang difungsikan untuk mengangkut sampah dari TPS dan ada pula yang difungfsikan untuk langsung mengangkut sampah dari rumah warga. (enal)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus