Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Ramadhan, Jabar Inflasi 0,51%

    http://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_13022.jpg

    BANDUNG Badan - Pusat Statistik (BPS) Jawa Barat (Jabar) menginformasikan inflasi pada Juni 2015 mencapai 0,51%. Angka itu termasuk aman, sebab biasanya inflasi selama Ramadhan dapat encapai 1%.

    Kepala Bidang Statistik Distribusi BPS Jabar Dody Gunawan mengatakan laju inflasi tahun kalender atau year to date (Januari-Juni 2015) sebesar 0,73% dan laju inflasi year-on-year (Juni 2015-Juni 2014) tercatat sebesar 6,51%.

    "Dari pantauan IHK Juni 2015 di Jabar, seluruh kota mengalami inflasi yaitu paling besar Kota Tasikmalaya dan Kota Bandung. Namun ini bisa kita bilang masih dalam kisaran aman terkendali karena pemerintah memberikan langkah antisipasif yang baik seperti operasi pasar," katanya.

    Dia inflasi bisa terkendali dibawah 1% karena langkah antisipasif pemerintah seperti menganggarkan operasi pasar yang menawarkan barang tahan lama seperti sembako, menjadi shock terapi bagi pedagang untuk tidak menawarkan harga terlalu tinggi. "Daya beli juga diakui masih rendah."

    Datangnya bulan Ramadan dan masa masuk sekolah yang bersamaan, secara tidak langsung menuntut masyarakat untuk memilih prioritas yang lebih penting. Sehingga tidak jor-joran dalam membeli kebutuhan pokok Ramadhan. jo

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus