Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    BPJS Naker Telah Beroperasi Penuh

    http://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_13090.jpg

    BANDUNG - BPJS Ketenagakerjaan telah resmi beroperasi penuh mulai 1 Juli 2015 dan menyelenggarakan 4 (empat) program. Jika sebelumnya saat bertransformasi dari PT Jamsostek, BPJS Ketenagakerjaan melaksanakan 3 (tiga) program di antaranya Jaminan Hari Tua, Jaminan Kecelakaan Kerja dan Jaminan Kematian, maka setelah beroperasional penuh, kini  BPJS Ketenagakerjaan ditandai dengan bertambahnya 1 (satu) lagi program baru, yaitu Jaminan Pensiun.

    "Jaminan Pensiun merupakan program jaminan sosial yang diberikan kepada pekerja setiap bulannya saat memasuki masa pensiun 56 tahun atau mengalami cacat total permanen dan atau meninggal dunia, yang diberikan kepada pekerja atau ahli waris yang sah. Jaminan Pensiun dipersiapkan bagi pekerja untuk tetap mendapatkan penghasilan bulanan disaat memasuki usia yang tidak lagi produktif. Dengan begitu, pekerja akan terus mendapatkan ketenangan dalam menjalani hari-hari di masa tuanya," Ujar Darmadi, Kepala BPJS Naker Cabang Bandung-Suci.

    Operasional Penuh BPJS Ketenagakerjaan juga ditandai dengan peningkatan manfaat pada program-program lainnya, di antaranya
    peningkatan manfaat pada Jaminan Kematian, yang sebelumnya mendapat santunan sebesar Rp. 21 Juta bertambah menjadi Rp. 24 Juta. Pada Jaminan Kecelakaan Kerja, peningkatan manfaat pada biaya pengobatan dan perawatan di Rumah Sakit yang sebelumnya sebesar maksimal Rp. 20 Juta, ditingkatkan menjadi pengobatan dan perawatan sampai sembuh.

    Selain itu, jika terjadi cacat sebagian permanen, pekerja juga akan mendapatkan pelatihan khusus agar tetap bisa kembali bekerja melalui penyempurnaan manfaat Jaminan Kecelakaan Kerja-Return To Work (JKK-RTW), di samping santunan cacat yang diterima. Dengan demikian pekerja tetap bisa mendapatkan penghasilan dengan keahlian lain hasil dari pelatihan yang dijalani.

    Pada kesempatan di bulan Ramadhan ini, BPJS Ketenagakerjaan mengadakan kegiatan Sosialisasi Masif dan Safari Ramadhan untuk memberikan informasi kepada masyarakat terkait operasional penuh BPJS Ketenagakerjaan. Salah satu yang menjadi pertanyaan di masyarakat adalah terkait perubahan aturan pada program Jaminan Hari Tua (JHT).

    Sosialisasi dilakukan di Ponpes Daarul Maarif Margaasih Kab. Bandung sekaligus memberikan bantuan kepada anak yatim piatu.jo

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus