Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Opsi Baru Relokasi Masyarakat Jatigede

    http://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_13537.jpg

    BANDUNG- Berkenaaan dengan penyelesaian Waduk Jatigede, untuk tahap relokasi bagi masyarakat yang terkena Waduk, opsi baru tengah disiapkan. Hal demikian, diungkapkan Kadis Nakertrans Jabar, Hening Widiatmoko, Selasa (11/8)

    Disnakertrans Jabar, atas penyelesaian Waduk Jatigede, diberi kewajiban untuk menyelesaikan pemindahan  masyarakat yang terkena
    waduk. Opsi yang disiapkan sebelumnya, pertama  relokasi melalui transmigrasi ke beberapa Pulau di luar Jabar. Opsi itu ditolak warga

    Kedua, opsi Transmigrasi lokal ke Majalengka dan Indramayu juga  tidak diterima sebagian warga. Dari 120 KK, yang menerima  hanya 30 KK. Ketiga, opsi yang disiapkan pemerintah menyiapkan lokasi tempat tinggal , namun masyarakat lebih memilih konpensasi tersebut diberikan dalam bentuk uang.

    Hening, lebih lanjut memaparkan, dengan tidak adanya opsi yang diterima masyarakat, kini muncul pemikiran baru. Gagasan tersebut, dari  Pemkab Sumedang. Opsi yang ditawarkan adalah program transmigrasi mandiri ke Bengkulu, Kapuas, Kalimantan Tengah.

    Modelnya, Pemkab Sumedang  membeli tanah di kedua daerah tersebut.  Tanah tersebut, dibeli dari dana  ganti rugi relokasi Waduk Jatigede. Solusi tersebut, masih dalam proses tergantung persetujuan masyarakat. Tentunya kepastian diterima atau ditolak masih membutuhkan waktu beberapa bulan ke depan.

    Dari sisi kompetensi tenaga kerja kepada masyarakat di sekitar Waduk Jarigede juga sudah disiapkan diantaranya untuk jasa dan pariwisata.

    Jasa dan pariwisata sudah disiapkan. Selain itu, ujar Hening  pelatihan di bidang garmen juga sudah dilaksanakan. (NR)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus