Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Gubernur : Kemerdekaan Bukan Akhir Perjuangan

    http://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_13594.jpg

    BANDUNG-Gubernur Ahmad Heryawan mengajak kepada seluruh masyarakat Jawa Barat untuk menghadirkan pemaknaan hakiki atas karunia kemerdekaan yang telah diraih bangsa ini. Kemerdekaan bukan berarti akhir perjuangan, namun merupakan modal berharga untuk menggapai harapan dan asa.

    Kemerdekaan juga merupakan perisai kokoh untuk menghadapi berbagai tantangan dalam mewujudkan harapan dan cita-cita luhur bangsa.

    Pesan-pesan demikian menjadi pembuka sambutan Gubernur Ahmad Heryawan sebagai inspektur upacara pada Peringatan HUT RI Ke-70 Tingkat Provinsi Jawa Barat, Senin (17/8), bertempat di Lapangan Gasibu Bandung.

    Dijelaskan Gubernur, "masih tergiang di telinga kita, apa yang disampaikan Bung Karno "Founding Father" bangsa ini, "bahwa kemerdekaan hanya sekedar "jembatan emas". Ungkapan tersebut mengandung makna bahwa kemerdekaan adalah "ruang leluasa" bagi bangsa ini dalam memperjuangkan cita-cita bersama, yaitu "mewujudkan tatanan kehidupan masyarakat yang adil dan makmur".

    Menurut Gubernur, bahwa soliditas, solidaritas dan kekompakan diantara para pendahulu bangsa ini telah menghadirkan keteguhan niat dan kesungguhan ikhtiyar dalam meraik kemerdekaan dan kedaulatan bangsa. Hal tersebut, lanjut gubernur, sejalandengan tema Gerakan  Nasional "Ayo Kerja", 70 Tahun Indonesia merdeka sebagai tema peringatan Hari Ulang Tahun Ke-70 kemerdekaan RI Tahun 2015.

    "Ayo Kerja", adalah spirit dalam mengisi kemerdekaan untuk menyongsong kemajuan dan kesejahteraan bangsa, yaitu menghadirkan upaya nyata untuk mewujudkan ketahanan bangsa secara berkualitas dalam berbagai bidang kehidupan. Membangun ketahanan mental dan karakter bangsa yang diawali membangun ketahanan keluarga, yaitu menjadikan keluarga sebagai institusi pendidikan strategis dalam melahirkan generasi yang unggul dengan mental dan karakter yang kuat serta dihiasa akhlak dan perilaku mulia.

    Gubernur Ahmad Heryawan dalam sambutan berikutnya menyampaikan beberapa informasi berkenaan dengan berbagai kemajuan yang dialami Jawa Barat diberbagai bidang.

    Menurut Gubernur, Jawa Barat dengan jumlah penduduk di Tahun 2015 mencapai 46 juta jiwa lebih atau 20 % dari total penduduk Indonesia, mendapat capaian Index Pembangunan Manusia sebesar, 74,28 point, dengan indeks pendidikan 83,36 point, indeks kesehatan 74,01 poin dan indeks daya beli 65,47 poin. Kemudian laju pertumbuhan ekonomi (LPE) pada Tahun 2014 dapat dipertahankan terus diatas % . Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) perkapita Tahun 2014 sebesar 30,14 juta rupiah.

    Sambung Heryawan, bahwa untuk inflasi pada tahun 2014 sebesar 6,16 %. Persentase Penduduk Miskin berhasil diturunkan menjadi sebesar 9,18 % pada tahun 2014, ujar Heryawan.

    "Semoga Allah SWT senantiasa memberikan petunjuk dan ridhgo-Nya kepada kita semua, agar tetap berkomitmen, konsisten, terus beroptimis dan bersemangat dalam upaya percepatan pembangunan Jawa Barat yang lebih maju dan sejahtera untuk semua, serta jangan pernah ragu untuk bersama-sama membangun Jawa Barat menuju Provinsi Termaju di Indonesia pada Tahun 2025, demikian Ahmad Heryawan mengakhiri sambutannya.

     

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus