Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Balai Bahasa Benahi Penggunaan Bahasa di Ruang Publik

    http://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_13628.jpg

    BANDUNG (19/8) – Balai Bahasa Jabar yang berada di bawah Kemeterian Pendidikan dan Kebudayaan, kini tengah berupaya membenahi penggunaan bahasa Indonesia dalam berbagai media publik. Menurut Kepala Balai Bahasa Jabar, Abdul Haq, salah satu yang dibenahi adalah penggunaan bahasa di media luar ruang seperti reklame, nama toko dan lain-lain.

    “Saat ini kita sedang mengumpupulkan data dengan cara difoto, berbagai penggunaan bahasa di media luar ruang itu. Ada beberapa yang memang harus diperbaiki, dan nantinya kita akan rekomendasikan langsung ke pemiliknya” katanya.

    Abdul Haq mengakui banyak sekali penggunaan bahasa Indonesia yang keliru juga penggunaan bahasa Inggris yang salah. Hal itu menurut Abdul Haq merupakan salah satu kewajiban Balai Bahasa untuk membenahi.

    “Salah satu kewenangan dan kewajiban kita adalah membenahi penggunaan bahasa baik Indonesia maupun asing, terutama yang digunakan di wilayah publik” ujarnya.

    Salah satu contoh kecil panggunaan bahasa Indonesia yang salah adalah dalam pengumuman mobil atau rumah yang dijual. Seringkali ditulis DI JUAL, padahal seharunnya DIJUAL, tanpa spasi antara DI dan JUAL. (Pun)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus