Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Industri Perlu Tingkatkan Efisiensi

    http://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_13712.jpg

    BANDUNG-Dampak kenaikan dollar atas nilai tukar rupiah patut untuk diwaspadai. Untuk perusahaan perlu meningkatkan pola efisiensi di beberapa proses pekerjaan.

    Hal demikian, diungkapkan Kadis Indag Jabar, Ferry Sofwan Arif dalam keterangannya kepada wartawan, Senin sore (24/8).

    Ferry, lebih lanjut memaparkan melemahnya nilai tukar Rupiah atas Dollar memberikan dampak pada perusahaan yaitu meningkatnya biaya operasional perusahaan.

    Kenaikan biaya operasional, akan terjadi di perusahaan yang
    menggunakan bahan baku impor antara lain : industri tekstil, barang sintesis dan beberapa jenis kain.

    Menurunnya nilai tukar Rupiah terhadap Dollar, sambung Ferry  akan berdampak juga pada menurunnya daya saing produk elektronik dan automotif.

    Untuk kedua jenis produk industri ini, produk impor lebih banyak didatangkan ke Indonesia sehingga daya saing industri dalam negeri berpeluang melemah.

    Sementara itu, untuk jenis pangan, melemahnya nilai tukar Rupiah terhadap Dollar untuk pangan impor juga berpeluang mengalami kenaikan harga.

    Namun, hal tersebut dapat diantisipasi dengan produk pangan lokal. Dengan naiknya cost produksi, efisiensi perusahaan merupakan solusi.

    Hal yang bisa dilakukan perusahaan dalam rangka efisiensi, ujar Ferry antara lain : pengurangan atau penghapusan lembur karyawan, dan pengurangan jumlah sife kerja karyawan. (NR)

     

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus