Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Autisme Tidak Bisa Disembuhkan, Tetapi Bisa Dioptimalkan

    http://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_13797.jpg

    BANDUNG – Autisme tidak bisa disembuhkan, tetapi bisa dioptimalkan peran otak dan otot sensoriknya. 

    Hal itu diungkapkan dr. Kristiantini Dewi, Sp A, usai diskuti terbuka tentang anak autisme di RS Melinda 2 Jl. Dr Cipto Bandung, Sabtu (29/8).

    “Jangan mengira bahwa autisme itu bisa disembuhkan, sehinga banyak orang tua yang membawa anaknya ke alternatif dan lain-lain. Autisme itu bawaan genetik, tidak menular dan bukan turunan juga. 

    Tetapi kalau autisme itu bisa dideteksi secara dini, maka orang tua bisa mengoptimalkan peran otak dan otot sensorik anaknya yang autis” ujar Kristiantini Dewi. Menurutnya, kenali gejala-gejala autisme itu sejak usia dini 0-2 tahun.  Terlebih dahulu, para orang tua harus mengenali perkembangan anak normal di usia itu.

    “Kenali setiap perkembangan pada anak normal di rentang usia itu. Dengan mengenali perkembangan normal, maka orang tua akan tahu jika ada gejala-gejala perkembangan tidak normal. Pada anak normal misalnya, usia 6 bulan harus sudah bisa tengkurep, usia 9 bulan sudah bubling ba bi bu ba bi bu, lalu pada usia 15 bulan, sudah bisa menyebutkan sedikitnya 3 kata bermakna” ujarnya.

    Kristiantini Dewi juga menyebutkan, orang tua jangan cepat puas jika melihat perkembangan fisik anak terlihat sehat, tetapi harus teliti dengan perkembangan otak dan syaraf sensoriknya. (Pun)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus