Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Limbah Medis Wajib Dimusnahkan

    http://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_13846.jpg

    BANDUNG- Limbah beracun atau yang kita biasa disebut dengan limbah B3, tidak hanya dihasilkan oleh sektor industri saja, tetapi juga dihasilkan oleh pusat-pusat pelayanan kesehatan, seperti rumah sakit hingga puskesmas.

    Dan sesuai aturan, limbah yang dihasilkan oleh pelayanan kesehatan tidak boleh di sampah melebihi waktu 2 kali 24 jam karena mengandung bakteri maupun racun yang berbahaya bagi lingkungan maupun manusia.

    Oleh karenanya menurut Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan, pihaknya menghimbau kepada seluruh pusat-pusat pelayanan kesehatan atau lembaga yang berhubungan dengan pelayanan kesehatan untuk membuang atau memusnahkan limbahnya di tempat-tempat yang telah ditentukan.

    “Kita sudah membuat regulasi berupa Perda limbah beracun, dimana dalam Perda tersebut mengharuskan seluruh masyarakat, khususnya rumah sakit atau lembaga-lembaga terkait dengan urusan kesehatan atau medis untuk membuang medisnya secara khusus,” ucapnya.

    Menurut Gubernur, selain membuat regulasi melalui Peraturan Daerah mengenai larangan tersebut, Pemprov Jabar juga telah menyediakan perusahaan yang fokus pada pengolahan limbah medis.

    “Untuk membantu masyarakat atau rumah sakit atau lembaga penghasil limbah medis kita telah menyediakan perusahaan pengolah limbah medis, yaitu PT Jasa Medivest yang berada di Kabupaten Karawang,” katanya. (Parno)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus