Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Bimtek Menyembelih Hewan Qurban

    http://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_13939.jpg

    CIMAHI-Para Peserta Bimbingan Teknis Pemotongan Hewan Qurban diajak melihat langsung tata cara memilih dan menyembelih hewan qurban yang baik dan benar, yang sehat dan halal sesuai syariat Islam di Halaman Belakang, Gedung Balai Penyuluhan Pertanian Kota Cimahi, Jalan Raden Demang Hardjakusumah, Kota Cimahi, Rabu (9/9).

    “Selain mendapatkan teori memilih dan menyembelih hewan qurban dengan baik dan benar, yang sehat dan halal, para peserta bimbingan teknis (Bimtek) Pemotongan Hewan Qurban juga diajari langsung tata cara memilih dan menyembelih hewan qurban,” kata drh. Retno Wulan, Panitia Bimtek Pemotongan Hewan Qurban yang juga Kepala Seksi Peternakan dan Perikanan Dinas Koperasi UMKM Perindustrian, Perdagangan dan Pertanian (Diskopindagtan) Kota Cimahi kepada jabarprov.go.id.

    Retno menjelaskan, Bimtek yang digelar Rabu (9/9) ini, diikuti oleh 50 orang peserta, yaitu para panitia dan pengurus DKM dari 6 kelurahan di Kecamatan Cimahi Tengah. Dalam Bimtek tesebut, para peserta mendapatkan materi tentang Penyembelihan Hewan Qurban Menurut Syariat Islam dari Akhmad Rifa’I, Sag, Kepala Seksi Syariah Kantor Kementrian Agama Kota Cimahi dan Seleksi, Tata Cara Pemotongan Penanganan Daging Qurban dari drh. Yusni dari Balai Pelatihan Peternakan Dinas Peternakan Provinsi Jawa Barat.

    Untuk praktek langsung tata cara memilih dan menyembelih hewan qurban yang baik dan benar, yang sehat dan halal sesuai syariat Islam, menurut drh. Retno, untuk para peserta dari Kecamatan Cimahi Tengah tersebut, pihaknya menyediakan dua ekor domba, yaitu satu ekor yang memenuhi persyaratan qurban dari segia kesehatan dan usia hewan untuk qurban yang ditandai dengan telah tumbuhnya sepasang gigi tetap (punglak) dan satu ekor lagi memenuhi persyaratan kesehatan, namun tidak memenuhi persyaratan usia, yang ditandai dengan belum tumbuhnya sepasang gigi tetap atau belum punglak.

    Berdasarkan pantauan jabarprov.go.id, para peserta Bimtek sudah dapat memilih domba yang sehat dan layak memenuhi syariat Islam untuk dijadikan hewan qurban. Terbukti, setelah memeriksanya dengan teliti kedua domba yang disediakan panitia tersebut, mereka memilih domba yang sehat dan layak sesuai syariat Islam untuk dijadikan hewan qurban.

    Bahkan, ketika panitia meminta salah seorang peserta untuk praktek menyembelih dua domba teresebut, salah seorang peserta, langsung maju dan menyembelih domba sesuai syariat Islam. Baik cara memegang pisau maupun dalam melafalkan bacaan-bacaannya yang diawali dengan membaca basmalah, sholawat nabi, takbir dan doa, dilakukan dengan baik dan benar.

    Selain melakukan praktek langsung dalam menyembelih hewan qurban yang sesuai dengan syariat Islam, para peserta pun melakukan praktek tata cara pengelolaan hewan qurban setelah disembelih, mulai dari tata cara menguliti, membersihkan k-5 (kaki, kanjut, kulit, kadut dan kepala), merecah daging, mengemas dengan menggunakan kantong plastic jernih, hingga membagikannya. Masing-masing peserta Bimtek mendapatkan bagian satu kantong plastic. (enal)

     

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus