Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Mustopa Djamaludin: “Bangunlah Koperasi”

    http://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_14014.jpg

    BANDUNG- Ketua Dewan Koperasi Indonesia Wilayah (Dekopinwil) Provinsi Jawa Barat, Drs.H. Mustopa Djamaludin, MSi menciptakan sebuah lagu berjudul, “Bangunlah Koperasi.”

    Beberapa bait syair lagu tersebut, ia nyanyikan di hadapan ratusan peserta kegiatan Perkuatan Lembaga Pengembangan SDM Koperasi Jawa Barat di Aula Gedung Senbik Jawa Barat, Jalan Soerkarno Hatta Nomor 729C, Kota Bandung, Selasa (15/9).

    “Bangunlah Koperasi. Pada hari ini aku bersumpah pada diriku, untuk memulai berjalan membangunkan koperasi di Jawa Barat.”

    Lagu bernada semangat tersebut, diciptakan mantan orang nomor saru Dinas KUMKM d dan Disnakertrans Provinsi Jawa Barat itu, untuk menggugah semangat baru gerakan koperasi di Jawa Barat.

    “Pasca orde baru memang koperasi ini keberadaannya masih belum bangun. Jadi, kita coba bangunkan agar koperasi mampu menjadi soko guru ekonomi yang memang itu sudah diamanatkan oleh Undang-Undang. Dan koperasi itu salah satu yang ada di dalam muqodimah UUD 1945. Jadi, inilah yang harus disadari oleh semua komponen bangsa,” kata H. Mustopa Djamaludin di ruang kerjanya, usai membuka Kegaiatan Perkuatan Lembaga Pengembangan SDM Koperasi Jawa Barat di Aula Gedung Senbik Jawa Barat, Jalan Soerkarno Hatta Nomor 729C, Kota Bandung, Selasa (15/9) kepada jabarprov.go.id.

    Untuk membangunkan koperasi di Jawa Barat ini, menurut Mustopa, perlu adanya upaya-upaya mengoptimalkan berbagai langkah strategis yang mampu memberikan semangat baru bagi koperasi.

    “Ada lima hal yang ingin kita coba optimalkan. Pengurus Dekopinwil Jawa Barat Periode 2015-2020 sudah menyusun program dari mulai tahun 2015 sampai tahun 2020. Dalam tahun 2015 saja, Insya Allah ada beberapa program dan kegiatan,” katanya.

    Yang pertama, jelas Mustopa,  pihaknya akan melakukan roadshow ke 27 kabupaten/kota. Peserta yang hadir dalam kegiatan roadshow di setiap kabupaten/kota tersebut adalah minimal 50 orang calon anggota atau yang belum tercatat menjadi anggota dekopinda, menjadi pengurus koperasi tapi belum mengenal dekopinda.

    Yang kedua, akan menggelar sambung rasa dengan dekopinda kabupaten/kota se-Jawa Barat, termasuk badan-badan khusus dan lembaga teknis di bawah koordinasi dekopinwil dan dekopinda, khususnya untuk menyamakan persepsi bagaimana membangun dinamika gerakan koperasi di Jawa Barat dalam tahun 2016 hingga tahun 2020.

    Program atau kegiatan berikutnya adalah Dekopinwil Jawa Barat akan mempetakan kekuatan koperasi yang ada di Jawa Barat, yang konon katanya mencapai 25 ribu unit dengan kurang lebih 9 juta anggota. Tapi, yang sekarang sudah memiliki NIK baru sekitar 6 jutaan koperasi.

    Program berikutnya yang diharapkan oleh Dekopinwil Jawa Barat adalah terbentuknya sinergitas antar pelaku koperasi yang ada di kabupaten/kota plus dengan unsure-unsur badan khusus dan lembaga teknis menjadi kesatuan untuk bahu membahu membangun gerakan koperasi yang mandiri, inovatif, kreatif dan bertanggung jawab.

    “Kita ingin dalam tahun 2015 ini juga ada karakter-karakter khusus gerakan koperasi di Jawa Barat. Sekarang tidak ada karakter. Hampir sepuluh tahun terakhir ini saya pahami saya lihat masih belum ada  karakter. Apa karakter koperasi?  Karakter koperasi adalah kemandirian kebersamaan, loyalitas dan  dedikasi kepada koperasi itu sendiri.  Selama ini, koperasi masih dipandang sebatas yang hanya dalam keadaan-keadaan tertentu saja,” katanya.

    Menurut Mustopa, gerakan koperasi harus memiliki nilai tambah atau nilai jual yang tinggi.  Perbankan, pemerintah dan juga perguruan tinggi, harus menjadi mitra untuk bahu membahu mendorong dan mengembangkan sumber daya-sumber daya koperasi uang lebih professional, kreatif dan inovatif.

    “Dan yang terakhir adalah mari kita satupadukan gerakan koperasi di Jawa Barat menjadi soko guru, menjadi pundamen ekonomi di wilayah Jawa Barat,” katanya. (enal)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus