Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Puluhan Jenis Wayang Terancam Punah

    http://jabarprov.go.id/assets/images/berita/wayang2.jpg

    BANDUNG- Sedikitnya ada 40 jenis wayang di Nusantara yang saat ini sudah hilang dan berada di ambang kepunahan, karena seolah kehilangan lahan tempat tumbuh kembangnya. Demikian dikemukakan Pemerhati Wayang yang juga dosen di salah satu Perguruan Tinggi, Hermawan Rianto.

    Menurut Rianto, beberapa jenis wayang yang sudah tidak mendapat tempat di khalayak umum dan hampir punah diantaranya Wayang Golek Pantun Sunda, yaitu wayang  yang menceritakan kisah Babad Pajajaran atau cerita rakyat kerajaan besar di Tanah Pasundan, di luar cerita Ramayana atau Mahabrata.

    Rianto mengatakan, selain karena tidak ada generasi berikut yang mampu memainkan wayang dengan cerita sejarahnya, hampir punahnya Wayang Pantun akibat dari cerita yang monoton serta penampilan dan penyuguhannya tidak lagi memenuhi citarasa penonton saat ini.

    “Wayangnya masih ada, dalangnya sudah meninggal, sementara tidak ada generasi baru yang mampu meneruskannya Wayang Pantun,” ucap Rianto.

    Padahal menurut Hermawan, saat ini semestinya wayang tumbuh sangat pesat, mengingat sejak 2003, wayang telah diakui badan kebudayaan dunia, UNESCO, sebagai World Master Piece of Oral and Intangible Heritage of Humanity, sebagai salah satu dari 28 Warisan Badaya Dunia. (Jabar.go.id/ Rep. Suparno)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus