Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Virus Orp Mudah Serang Domba

    http://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_14127.jpg

    BANDUNG (25/9) – Virus Orp sangat mudah menyerang domba dengan perawatan yang tidak higienis. Menurut Kepala Dinas Peternakan Jabar Ir. Doddy Firman Nugraha, domba atau kambing yang terkena virus Orp ciri-cirinya adalah terdapat luka pada pipi hingga bolong-bolong. Oleh karena itu di tiga hari tasrik, Doddy mewanti-wanti pada calon pembeli agar berhati-hati membeli hewan kurban.

    “Itu karena pemeliharaan yang tidak baik. Misalnya terlalu lama dipeliharan di pinggir jalan karena dijajakan, kandang yang tidak bersih, dan makanan yang tidak bersih juga. Virus itu bisa berpindah lewat air liur ternak” ujar Doddy.

    Virus itu sebenarnya tidak membahayakan bagi manusia, karena setelah daging dimasak dia tidak akan aktif lagi. Tetapi menurut Doddy, setidaknya hewan kurban itu dinyatakan tidak sehat dan tidak layak jadi hewan kurban.

    “Memang tidak membahayakan bagi manusia secara langsung, tetapi hewan yang terkena virus Orp itu masuk kategori tidak sehat, dan sebaiknya tidak dijual untuk hewan kurban” katanya.

    Menyinggung soal kesehatan hewan kurban di Jawa Barat tahun 2015, Doddy menyebutkan hingga saat ini tidak ditemukan hal-hal yang mengkhawatirkan. (Pun)

     

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus