Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Masalah Anggaran Dominasi Sengketa Informasi

    http://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_14314.jpg

    SUBANG–Kasus sengketa Informasi Publik masih didominasi oleh penggunaan  anggaran. Menurut Komisioner Komisi Informasi Publik (KIP) Jawa Barat, Ijang Faisal, dari sekira 1900-an kasus yang masuk ke KIP Jawa Barat, 80% diantaranya mengenai lembaga Pemerintah. Kemudian sampai tahun 2014 secara bertahap 70% kasus telah diselesaikan dengan baik.

    “Alhamdulillah secara bertahap 60% - 70% diantaranya berhasil diselesaikan," ujarnya, di sela-sela acara Sosialisasi UU No. 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP) di Pemda Subang Jawa Barat, Selasa (6/10/2015).

    Kegiatan sosialisasi ini melibatkan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Pembantu dari instansi dan lembaga pemerintah Kabupaten Subang yang diselenggarakan Bagian Humas dan Protokol Setda Kab Subang Jawa Barat.

    Menurut Ijang, lembaga publik lain selain pemerintah banyak yang disengketakan seperti Kepolisian mengenai penyidikan, pertanian mengenai bibit yang tidak dipublikasikan, Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) mengenai dana bantuan masjid, rumah sakit berupa rekam medik dan LSM yang memperoleh bantuan dari anggaran pemerintah.

    Untuk meminimalisir sengketa pihaknya mendorong supaya badan publik yang lain untuk membuka diri dan transparan dalam informasi publik, pinta Ijang.

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus