Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Aksi Demo Buruh Membawa Berkah

    http://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_14672.jpg

    SUBANG – Maraknya aksi demo buruh beberapa waktu terakhir ternyata membawa berkah bagi pemulung dan pedagang. 

    Diantaranya dikatakan Yati (40 tahun), salah seorang pemulung yang mengaku mendapat lebih banyak kalau ada kegiatan atau keramaian seperti demo. “Kemarin (waktu demo besar) dapat 350 (ribu rupiah). Kalau sekarang agak sepi paling juga 40 (ribu rupiah),” ujarnya ditengah aksi demo di depan Kantor Pemda, Jum’at (30/10).

    Barang bekas yang dipungut ialah plastik bekas air mineral gelas atau botol dan kardus bekas kemasannya. Barang-barang tersebut dimasukan ke dalam karung.

    Kata Nunung, pemulung lainnya mengatakan barang yang dikumpulkan dijual ke pengepul di dekat terminal Subang dengan harga 2 ribu rupiah per kilonya.

    Berkah juga dialami pedagang minuman ringan yang bisa menjual sampai 80 gelas. “Alhamdulillah lebih. Kalau biasanya paling (banyak) 50 gelas, Kang,” ujar Asep salah seorang penjual minuman teh manis kemasan gelas.

    Pedagang siomay pun kecipratan berkah sama. Kata Anang salah seorang pedagang siomay mengaku jualan lebih cepat habis. Bila biasanya dagangan habis saat waktu Isya. Kalau ada acara atau keramaian seperti demo bisa lebih cepat. “Kalau ada rame-rame (waktu) Ashar (dagangan sudah) habis (terjual),” katanya.

    Aksi buruh yang berlangsung siang ini diisi dengan orasi yang berisi menyuarakan penolakan Peraturan Pemerintah (PP) No. 78 tahun 2015 dan menuntut nilai Komponen Hidup Layak (KHL) sebesar 2,5 juta rupiah serta menetapkan Upah Minimum Kabupaten (UMK) sebesar 100% KHL. 

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus